Menanti Hasil Gibran Dipanggil PDIP Usai Putusan MK

by -121 Views

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengaku dipanggil oleh Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hari ini. Pemanggilan itu dilakukan usai Mahkamah Konstitusi (MK) memperbolehkan kepala daerah maju capres maupun cawapres meski belum berumur 40 tahun.

Pemanggilan itu diungkap langsung oleh Gibran. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dipanggil ke Jakarta di hari yang sama usai MK dalam putusannya menyatakan kepala daerah yang pernah atau sedang menduduki jabatan meskipun berusia di bawah 40 tahun bisa mencalonkan diri sebagai presiden/wakil presiden.

“Besok Rabu saya dipanggil oleh DPP sudah dihubungi Pak Hasto. Saya akan melaporkan keadaan terkini,” kata Gibran, Senin (16/10/2023).

Gibran mengaku memang rutin melaporkan kondisi terkini mengenai perkembangan politik ke pimpinan partai. Saat ditanya apa saja yang akan dia laporkan, Gibran memilih tidak membeberkan.

“Saya kan memang rutin laporan ke beliau. Ya nanti kalau dipanggil pasti ditanya, ini gimana keadaan ini. Ditunggu aja besok Rabu. Mungkin juga (terkait TPN Ganjar). Nanti sekalian hari Rabu kita laporkan ke pimpinan,” jelasnya.

“Ya nanti kami laporkan semua. Semua update kami laporkan ke pimpinan. Saya tidak pernah tidak melaporkan. Terutama hal penting gini ra (tidak) mungkin ora tak laporke (tidak saya laporkan),” ucapnya, saat ditanya apalah akan menjelaskan mengenai pengurus Gerindra di beberapa daerah yang mengusulkan dirinya sebagai cawapres Prabowo.

Putra sulung Presiden Joko Widodo ini mengaku selalu berkomunikasi dengan pimpinan partai. Dirinya pun saat dipanggil langsung datang.

Selain itu, Gibran mengaku komunikasi dengan DPP lancar. Terakhir kali ia berkomunikasi di Rakerda Semarang.

“Lancar dong (komunikasi dengan DPP). Kan terakhir Rakerda di Semarang kami masih ikut. Diundang sejak dari kemarin, Sabtu atau Minggu, kalau dipanggil langsung berangkat. ‘Ayo mas ngobrol’ bahasanya beliau (Hasto), bukan saya minta laporan. Mas ayo ke DPP kita ngobrol, update perkembangan terkini. Santai. Beliau santai,” ujar Gibran.

Saat ditanya mengenai kansnya menjadi cawapres Prabowo, Gibran meminta untuk menunggu hasil pertemuan dengan pimpinan PDIP. Sebagai informasi Gibran sempat ditawari menjadi cawapres oleh Prabowo.

“Tunggu pertemuan saya dengan para pimpinan partai, partai PDIP,” katanya di Balai Kota Solo, Selasa (17/10/2023).

Kendati demikian, Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristianto mengatakan tidak ada pemanggilan terhadap Gibran Rakabuming. Hasto mengatakan pertemuan dengan Gibran lusa untuk mengajak bincang-bincang antar sesama kader.

“Kita nggak manggil, kita ngobrol-ngobrol dan kemudian bincang-bincang sesama kader partai. Rumah partai kan rumah rakyat. Rumah seluruh kader partai, jadi datang ke kantor partai bukan karena dipanggil karena memang ini rumah kita bersama,” kata Hasto di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (16/10/2023).

Hasto menuturkan dirinya sudah lama tak bertemu dengan putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Atas dasar itu ia mengajak Gibran datang ke Kantor DPP PDIP untuk berbincang-bincang.

“Udah lama nggak ketemu. Pak Jokowi sendiri berbulan-bulan nggak ketemu sama Mas Gibran, ketika ditanya media saya sudah berbulan-bulan tidak ketemu. Saya juga sama, kami DPP. Maka mau ngobrol-ngobrol di kantor partai paling tidak kopinya itu enak mantap,” ucapnya.

Hasto menyampaikan ada tidaknya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait batas usia capres-cawapres dirinya tetap menjalin komunikasi dengan kader partai. Dia berharap bisa tukar pikiran dengan Gibran.

“Ya ini ada atau tidak ada putusan MK, kami selalu menjalin komunikasi. Mbak Puan sering bertemu dengan Mas Gibran. Terakhir juga bertemu Mas Kaesang. Sehingga saya ada video tentang perjuangan yang bagus. Saya kirim ke Mas Gibran. Dan saya komunikasi, Mas Gibran hari Rabu sekiranya ada di Jakarta kita ngobrol-ngobrol di kantor partai biar kita bisa kita tukar pikiran terkait tentang berbagai aspek,” imbuhnya.

Pertemuan Gibran dan Hasto pun kemudian banyak dinanti. Sebab, diyakini dari pertemuan itu akan jelas langkah politik Gibran selanjutnya. Apakah maju menjadi cawapres atau tidak. Pun mengenai rumor Gibran bergabung ke Golkar untuk melenggang menjadi cawapres Prabowo.

Salah satu yang menanti hasil pertemuan itu adalah Golkar. Ketua DPD Golkar Jawa Timur Sarmuji menyambut baik Gibran jika hendak bergabung ke partainya.

Namun, Sarmuji mengaku masih menunggu hasil pertemuan Gibran dengan PDIP.

“Mas Gibran masih akan bertemu dengan Sekjen PDIP hari Rabu besok. Jadi kita tunggu saja,” kata dia.