Permasalahan Hukum di Indonesia: Pengakuan Sopir yang Menabrak Wanita dan Penangkapan Kapten Perampok

by -155 Views

Jakarta – Masalah hukum di Indonesia saat ini dibagi ke dalam tiga kategori, yakni isi hukum, aparat penegak hukum, dan budaya atau perilaku masyarakat. Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan hal tersebut dalam sebuah diskusi dengan Gen Z di Jakarta Selatan pada Senin, 23 Oktober 2023.

Menurut Mahfud, aparat penegak hukum di Indonesia sudah sangat rusak. Mereka seringkali terlibat dalam kasus kriminal bahkan melakukan tindak pidana korupsi.

Berita mengenai pandangan Menko Mahfud mengenai masalah hukum di Indonesia menjadi berita terpopuler di News VIVA, pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Selain itu, berita mengenai politikus PSI, Ade Armando, yang digugat sebesar Rp200 miliar karena video komentar petinggi PDIP juga menjadi berita terpopuler.

Tidak hanya itu, beberapa berita lainnya juga menarik perhatian pembaca. Berikut ini adalah lima berita terpopuler di kanal News VIVA, pada Selasa, 24 Oktober 2023:

1. Menko Mahfud Sebut Aparat Penegak Hukum di Indonesia Sudah Rusak
Menkopolhukam yang juga bakal cawapres, Mahfud MD, menjelaskan bahwa masalah hukum di Indonesia terbagi menjadi tiga, yaitu isi hukum, aparat penegak hukum, dan budaya atau perilaku masyarakat. Menurutnya, isi hukum di Indonesia masih bisa diperbaiki perlahan, namun berbeda dengan aparat penegak hukum yang sudah dalam kondisi rusak.

2. Negatif Alkohol dan Narkoba, Begini Pengakuan Sopir Fortuner yang Tabrak Wanita hingga Terpental
Kevin Steven Salim, pengemudi Toyota Fortuner yang menabrak seorang wanita, mengklaim bahwa insiden tersebut terjadi karena dirinya mengantuk. Hasil tes urine menunjukkan bahwa Kevin negatif alkohol dan narkoba. Namun, saat ini statusnya masih dalam pemeriksaan lebih lanjut.

3. Ade Armando Digugat Rp200 M Gegara Video Petinggi PDIP, Termasuk Megawati
Politisi PSI, Ade Armando, digugat oleh PDIP karena diduga mengomentari Ketua Umum, Megawati Soekarnoputri, melalui video. Ade Armando digugat sebesar Rp200 M. Tim Badan Bantuan Hukum dan Advokasi Rakyat (BBHAR) DPP PDIP mengatakan bahwa sidang perdana akan dilakukan pada tanggal 15 November 2023.

4. DPR Terima Kabar Jokowi Lantik KSAD Baru Rabu Besok
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melantik Letjen Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Dudung Abdurachman yang akan pensiun. Pelantikan tersebut rencananya dilakukan pada Rabu, 25 Oktober 2023.

5. Nekat Tembaki Polisi saat Mau Ditangkap, Toto Kapten Rampok Geng Banten Terpaksa Didor
Polres Metro Jakarta Barat melakukan tindakan tegas terhadap T alias Toto, anggota geng perampok minimarket dan pencuri motor di Jakarta Barat, dengan menembak dua kakinya. Toto melakukan perlawanan karena memiliki senjata api saat ditangkap oleh polisi.

Demikianlah lima berita terpopuler di kanal News VIVA pada Selasa, 24 Oktober 2023.