Yenny Wahid Mendukung Ganjar Pranowo, Gus Yahya Membatasi Penggunaan NU dalam Kompetisi Pilpres

by -281 Views

Selasa, 31 Oktober 2023 – 15:10 WIB

Jakarta – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf alias Gus Yahya menanggapi langkah Yenny Wahid yang mendukung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang.

Gus Yahya menegaskan bahwa semua pengurus PBNU tidak boleh melibatkan NU dalam Pemilu 2024. Hal ini dikarenakan Yenny Wahid masih menjabat sebagai Ketua Badan Pengembangan Inovasi Strategis PBNU. “Tetapi satu prinsip bahwa apapun tindakan dukung mendukung dalam kompetisi Pilpres maupun Pemilu yang akan datang ini tidak boleh membawa-bawa NU apalagi pengurusnya,” kata Gus Yahya kepada wartawan di Kantor PBNU, Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2023.

Ia menambahkan bahwa semua pengurus PBNU harus cuti atau mundur dari posisi pengurus jika masuk ke dalam tim pemenangan salah satu pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024. “Kalau dia (pengurus PBNU) posisinya resmi (dalam tim pemenangan pasangan calon) ya, dia harus cuti atau bahkan harus mundur. Kalau posisinya resmi,” ujarnya. Gus Yahya menjelaskan bahwa PBNU memiliki aturan rumah tangga yang mengatur dukungan terhadap salah satu pasangan calon presiden. Menurutnya, jika hanya sekedar mendukung tanpa masuk ke dalam tim sukses, maka tidak perlu cuti atau mundur.

Di sisi lain, Gus Yahya menyatakan bahwa PBNU tidak dapat menghalangi hak pribadi warga NU untuk berpartisipasi dalam Pemilu 2024. “Kalau itu hak pribadi enggak boleh dihalang-halangi. Tapi tidak boleh mengatasnamakan NU,” ujarnya.

Gus Yahya juga mengaku belum mengetahui status Yenny di PBNU setelah memberikan dukungan kepada pasangan Ganjar-Mahfud. Sebab, ia belum mendengar langsung dari Yenny usai deklarasi tersebut. “Karena belum ada orang bicara dengan saya apakah itu Bu Yenny sendiri atau dari pihak yang lain. Di sini kita belum tahu statusnya seperti apa,” tuturnya.

Sebagai informasi, Barisan Kader (Barikade) Gus Dur yang dipimpin oleh Yenny Wahid resmi mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dalam Pilpres 2024. Yenny mengungkapkan bahwa ia mendukung pasangan Ganjar-Mahfud berdasarkan hati nuraninya. Ia juga menyebutkan bahwa Mahfud MD adalah sosok yang dekat dengan Gus Dur.

Artikel ini bisa ditemukan di https://www.viva.co.id/berita/politik/1441037-gus-yahya-tanggapi-yenny-wahid-dukung-ganjar-mahfud-di-pilpres-2024