JK Mendorong Penyampaian Doa Qunut Nazilah sebagai Solidaritas untuk Rakyat Palestina

by -127 Views

Jakarta – Ketua Umum Dewan Mesjid Indonesia, Jusuf Kalla (JK) mengimbau umat Islam di Indonesia untuk melakukan Qunut Nazilah sebagai bentuk dukungan terhadap Palestina. Pelaksanaannya bisa dimulai sejak salat Jumat besok.

“Kepada seluruh umat Islam diharapkan pada pelaksanaan Salat Jumat (3 November 2023) untuk melakukan Qunut Nazilah,” kata JK dalam keterangan tertulis yang diterima oleh media pada Kamis, 2 November 2023.

Imbauan ini bertujuan agar pelaku kejahatan kemanusiaan ini mendapatkan hukuman yang setimpal oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu, JK juga menyatakan bahwa tak diperlukan Salat Gaib bagi masyarakat Palestina yang meninggal dalam perang. Hal ini dikarenakan rakyat Palestina yang gugur dianggap sebagai syuhada sehingga tidak perlu dilakukan Salat Gaib.

“Perjuangan mempertahankan harkat kemanusiaan dari bangsa Palestina bukanlah perang antar agama, melainkan perjuangan untuk mempertahankan hak-hak kemanusiaan dan kemerdekaan bagi rakyat Palestina,” tambah JK.

JK juga berharap semua komponen bangsa Indonesia, tanpa memandang suku, agama, dan ras, dapat membentuk solidaritas dan dukungan bagi bangsa Palestina, sesuai dengan amanat dalam Pembukaan UUD 45 dan sikap resmi pemerintah Indonesia yang mendukung perjuangan kemerdekaan bangsa Palestina.