Prabowo, Sosok Capres yang Diunggulkan Berkat Pengalamannya di Pemerintahan

by -577 Views

Jakarta – Calon presiden (Capres) Prabowo Subianto dianggap sebagai sosok yang kompeten dan berpengalaman dalam pemerintahan nasional. Hal itu membuat dia diunggulkan dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Kajian Politik Nasional (KPN), Adib Miftahul. “Saya melihat Prabowo ini memiliki figur yang kompeten karena sudah berpengalaman,” kata Adib dalam keterangannya, Kamis, 9 November 2023.

Kompetensi Prabowo terlihat dari capaian selama memimpin Kementerian Pertahanan. Ia dinilai memperkuat sektor pertahanan dan keamanan negara dengan memodernisasi alutsista. Mulai dari pesawat tempur F 15-EX dari Amerika Serikat dan Rafale untuk TNI AU serta kapal selam untuk TNI AL.

Prabowo juga mengembangkan industri pertahanan lokal melalui sinergi dengan BUMN. Tercatat, capres Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini memperkuat Pindad dan mewujudkan produksi kendaraan taktis Maung di Bandung.

Tak hanya itu. Prabowo pun membantu masyarakat di sejumlah wilayah dapat mengakses air bersih, dengan membangun sumur bor dan meresmikan 74 titik mata air yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam sejumlah survei, elektabilitas ketua umum Partai Gerindra ini unggul. Berdasarkan survei Polling Institute periode 25 – 28 Oktober 2023, dalam simulasi tiga nama, Prabowo bersama bakal calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka berada di posisi pertama dengan angka 36,2 persen.

Perolehan tersebut unggul dari pasangan bakal capres-cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD dengan 32,8 persen dan Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar yang memperoleh 21 persen.

“Prabowo ini berpotensi menang di demokrasi mendatang, karena ada kekuatan pendukung,” ujar Adib.