Jokowi Menuju Dubai untuk Ikut Konferensi COP 28 dan KTT G77

by -105 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kenegaraan ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada Kamis, 30 November 2023. Jokowi berangkat dari Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Rencananya, Jokowi akan mengikuti beberapa kegiatan World Climate Action Summit COP 28. “Harapan dunia terhadap COP 28 ini sangat besar, agar ada aksi global yang nyata untuk pembatasan kenaikan suhu di dunia,” kata Jokowi.

Menurut dia, komitmen nyata harus diperkuat khususnya komitmen negara-negara maju untuk pendanaan iklim, utamanya dalam rangka mencapai target Net Zero Emission.

Dalam KTT COP 28 ini, Jokowi akan menyampaikan pengalaman Indonesia dan mempertegas pentingnya kolaborasi global untuk pendanaan iklim, serta pentingnya transisi yang inklusif untuk menjamin keberlanjutan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di negara-negara berkembang.

“Saya juga akan menghadiri Presidensi event terkait transformasi food system, menghadiri KTT G77 dan China, serta melakukan beberapa pertemuan bilateral,” ujarnya.

Selanjutnya, Jokowi bersama rombongan akan kembali ke Tanah Air pada Minggu, 3 Desember 2023. “Insya Allah akan kembali ke Jakarta tanggal 3 Desember. Minggu pagi,” pungkasnya.