Prabowo Menghubungi Menteri Pertahanan Mesir Terkait Keterlibatan KRI Radjiman di Gaza yang Belum Tercapai

by -127 Views

Bogor – Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan komunikasi dengan Menteri Pertahanan Mesir Jenderal Mohamed Ahmed Zaki terkait KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 yang belum bisa berlayar ke perairan dekat Gaza, Palestina.

Prabowo menawarkan kapal bantu rumah sakitnya, KRI dr. Radjiman, kepada Pemerintah Palestina untuk merawat dan memberikan layanan kesehatan korban perang di Gaza. Namun, keputusan untuk berlayar perlu mendapatkan izin (clearance) dari pemerintah Mesir mengingat wilayah Mesir di Sinai. Wilayah tersebut adalah titik tempat pengumpulan bantuan ke Gaza dan juga sebagai lokasi terdekat untuk masuk wilayah Gaza, tepatnya di perbatasan Rafah.

“Ini sudah saya lapor ke Presiden (Joko Widodo, red.). Menteri Pertahanan Mesir saya kontak terus sama beliau. Beliau minta ditahan dulu karena untuk berlabuh begitu banyak kapal menunggu,” kata Prabowo saat jumpa pers acara penyerahan Delapan Unit Helikopter H225M di Pangkalan Udara (Lanud) Atang Sendjaja, Bogor, Jawa Barat, Jumat, 1 Desember 2023.

Meskipun izinnya belum keluar, TNI Angkatan Laut telah mempersiapkan KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 untuk menjalani misi kemanusiaan di perairan dekat Gaza. Kapal itu sudah hampir setahun berlayar dan siap membawa bantuan untuk korban perang di Gaza.

Namun, Prabowo masih meminta petunjuk dan arahan dari Presiden RI Joko Widodo mengenai evakuasi korban perang di Gaza. Pelayaran ini menjadi misi pertama KRI dr. Radjiman melintasi samudera dan keluar dari perairan Indonesia.