KPU Menunggu Usulan Panelis Debat Pilpres 2024 dari Setiap Tim Pasangan Calon

by -118 Views

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa panelis hingga moderator untuk debat Pilpres 2024 belum ditentukan. Sampai saat ini, KPU masih menunggu tim pasangan calon (paslon) untuk memberikan usulan nama panelis hingga moderator.

Hasyim mengatakan, usulan nama panelis hingga moderator itu akan ditunggu maksimal pada Jumat, 8 Desember 2023. “Kami memberikan kesempatan kepada masing-masing tim pasangan calon 1, 2, dan 3 untuk mengusulkan nama-nama tim panelis yang harus disampaikan kepada KPU dua hari lagi pada hari Jumat, 8 Desember 2023,” kata Hasyim kepada wartawan di Kantor KPU RI, Rabu, 6 Desember 2023.

Selain meminta usulan, Hasyim mengatakan bahwa pihaknya juga sudah mengantongi nama-nama usulan untuk menjadi moderator debat. Nama-nama tersebut tengah digodok lebih lanjut. Moderator debat capres-cawapres akan memimpin jalannya debat, di mana masing-masing debat terdiri dari satu moderator pria dan satu moderator wanita.

Sama dengan panelis, KPU juga meminta agar tim paslon ikut mengusulkan nama moderator yang akan memimpin jalannya debat.

Hasyim juga telah mengumumkan bahwa paslon capres-cawapres memiliki sesi debat yang berbeda, di mana capres memiliki porsi bicara untuk tiga kali debat, sementara cawapres hanya dua kali mengikuti debat. Berikut adalah urutan debat untuk capres-cawapres:

– 12 Desember 2023: Debat untuk calon presiden (capres)
– 22 Desember 2023: Debat untuk calon wakil presiden (cawapres)
– 7 Januari 2024: Debat untuk calon presiden (capres)
– 21 Januari 2024: Debat untuk calon wakil presiden (cawapres)
– 4 Februari 2024: Debat untuk calon presiden (capres)