Semua Pendaki Terdaftar Dievakuasi Setelah Terjadi Erupsi Gunung Marapi, Satu Lagi Jenazah Korban Ditemukan

by -122 Views

Rabu, 6 Desember 2023 – 17:41 WIB

Padang – Salah satu jenazah korban erupsi Gunung Marapi telah ditemukan pagi ini. Menurut data dari pendaki di Posko BKSDA yang berjumlah 75 orang, seluruh korban telah ditemukan.

“Tadi pagi dapat informasi yang satu ini sudah menuju ke rumah sakit, jadi berdasarkan data sudah lengkap 75,” kata Kabid Humas Polda Sumatera Barat, Kombes Pol. Dwi S, Rabu 6 Desember 2023.

Meskipun seluruh korban yang terdata sudah ditemukan, proses penyisiran akan terus dilakukan untuk memastikan tidak ada korban lain.

“Data yang kita dapat 75 itu dari pendaki melalui yang terdaftar di online. Dikhawatirkan, masih banyak pendaki lain yang tidak mendaftar melalui aplikasi,” kata dia.

Dia menambahkan, menurut data dari posko pengaduan di rumah sakit (RS) hingga tadi malam masih ada 30 keluarga yang belum mendapat info keberadaan sanak saudaranya. Sehingga, penyisiran sampai sekarang masih terus dilakukan. “Berarti masih ada tujuh lagi yang harus dicari,” kata dia.

Dwi menambahkan, situasi penyisiran di puncak Gunung Marapi saat ini terkendala cuaca. Hujan membuat jalan pendakian licin. Selain itu, kabut juga menjadi tantangan proses evakuasi.

Bahkan, erupsi masih terus terjadi sampai sekarang. Masyarakat di sekitar Gunung Marapi masih beraktivitas seperti biasa, karena lokasi erupsi jauh dari permukiman masyarakat.

“SDM dari tim evakuasi ini memang tidak semua menguasai medan, jadi pada saat kegiatan evakuasi hari ketiga, kami mengikutsertakan masyarakat yang mengetahui situasi di sana,” kata dia.