Ribuan Orang Hadiri Aksi Sumut Dukung Palestina, Terkumpul Donasi Rp1 Miliar

by -108 Views

Ribuan umat Islam dari berbagai kalangan berkumpul untuk menggelar aksi bela Palestina dengan tema ‘Sumut Bela Palestina’. Kegiatan ini berlangsung di Istana Maimoon, Jalan Brigjend Katamso, Kota Medan pada hari Minggu, 10 Desember 2023.

Aksi ini digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumut, bersama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Sumut dan Ormas Islam di Sumut. Selain dihadiri oleh ribuan umat Islam, aksi ini juga dihadiri oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut periode 2018-2023, Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah, serta tokoh ulama Bachtiar Nasir.

Selain menyatakan boikot terhadap produk-produk berafiliasi dengan Israel, massa juga mengumpulkan donasi untuk membantu rakyat Palestina. Dari pantauan di Istana Maimoon, massa sudah berdatangan sejak pukul 06.00 WIB, lengkap dengan atribut dan bendera Palestina serta selempang bertuliskan ‘Pray for Palestine’.

FKUB bersama MUI dalam aksi ‘Sumut Bela Palestina’ juga menyampaikan 7 sikap terhadap aksi kemanusiaan tersebut, termasuk mengutuk keras aksi kekejaman zionis Israel terhadap warga sipil Palestina, meminta perlindungan warga sipil Palestina, mendukung kemerdekaan Palestina dan melakukan upaya strategis internasional mendorong genjatan senjata, serta seruan kepada masyarakat dan lintas agama, suku untuk memboikot seluruh produk-produk Israel.

Dalam ceramahnya, Bachtiar Nasir menyatakan bahwa aksi bela Palestina ini merupakan wujud dukungan moral kepada rakyat Palestina dalam menghadapi kekejaman zionis Israel. Ia juga mengajak massa untuk memboikot produk-produk berafiliasi dengan Israel hingga menutup segala potensi ekonomi Israel.

Edy Rahmayadi, Mantan Gubernur Sumut, menyatakan bahwa setiap bentuk kebiadaban yang dilakukan oleh zionis Israel penjajah kepada rakyat Palestina harus segera dihentikan. Musa Rajekshah, Wakil Gubernur Sumut, juga mengutuk keras tindakan kejam Israel yang telah menghabiskan nyawa warga sipil tak berdosa.

Aksi ‘Sumut Bela Palestina’ berjalan sukses, dihadiri oleh ribuan orang dan berhasil menggalang donasi hampir Rp1 miliar untuk membantu rakyat Palestina.