Harapan Jokowi untuk Kemitraan ASEAN-Jepang

by -272 Views

Senin, 18 Desember 2023 – 13:35 WIB

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak ASEAN-Jepang untuk mengimplementasikan kemitraan komprehensif strategis sebagai modal untuk memperkokoh hubungan di tengah ketidakpastian global saat ini. Kemitraan strategis ASEAN-Jepang, harus berorientasi pada masa depan.

Menurut dia, kemitraan ASEAN-Jepang selama 50 tahun telah meraih banyak capaian dalam menjaga stabilitas, perdamaian, mendekatkan masyarakat, dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi kawasan. Sehingga, kata Jokowi, harus direalisasikan dalam bentuk kerja sama konkret saling menguntungkan dan bermanfaat langsung bagi masyarakat. “Seperti pendanaan infrastruktur, transformasi digital, transisi energi, ketahanan pangan, dan penguatan rantai pasok,” kata Jokowi dikutip pada Senin, 18 Desember 2023.

ASEAN, kata Jokowi, berharap Jepang sebagai salah satu mitra paling aktif dapat terus menjadi trusted partner dalam mewujudkan Asia Timur, dan Indo-Pasifik sebagai kawasan yang tangguh serta menjadi pusat pertumbuhan ekonomi.

“Kita semua bertanggungjawab menjaga kedamaian, stabilitas dan inklusivitas kawasan melalui penguatan habit of dialogue and cooperation,” ujarnya.

Disamping itu, Jokowi berharap kemitraan ASEAN-Jepang dilandasi pernyataan visi bersama yang dihasilkan dari KTT ini, termasuk dapat mendukung visi Komunitas ASEAN 2045.
“Saya berharap this new generation partnership dapat menjadi jangkar bagi kemakmuran, perdamaian, dan stabilitas kawasan kita bersama,” pungkasnya.