Mudah-mudahan Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) Menjadi Acuan bagi Masyarakat dalam Pemilu 2024

by -133 Views

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa debat cawapres dapat menjadi acuan bagi pemilih dalam Pemilu 2024. Menurutnya, gagasan, visi-misi, dan program yang disampaikan cawapres dalam debat dapat menjadi pilihan masyarakat dalam pemilu tersebut.

Debat cawapres dihadiri oleh cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, nomor 2 Gibran Rakabuming Raka, dan nomor 3 Mahfud MD di JCC, Senayan, Jakarta Selatan, pada Jumat (22/12/2023). Acara tersebut juga didampingi oleh pasangan capres masing-masing, yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa debat Pemilu 2024 akan diselenggarakan sebanyak lima kali. Debat pertama rencananya digelar pada Selasa, 12 Desember 2023. Capres akan berbicara sebanyak tiga kali dalam debat, sementara cawapres hanya dua kali.

Debat pertama dan kedua dijadwalkan pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023, sementara debat ketiga dan keempat akan diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024. Debat terakhir dihelat pada 4 Februari 2024. Kemudian, lima kali debat capres-cawapres ini akan dilaksanakan di Jakarta.

Tema debat pertama hingga kelima mencakup berbagai aspek seperti pemerintahan, ekonomi, pertahanan, keamanan, pembangunan keberlanjutan, sumber daya alam, kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, dan teknologi informasi.

Debat capres-cawapres ini disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan radio, serta akan melibatkan interaksi saling menanggapi antara pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) pada Pilpres 2024.