Rahasia Hilangnya Mahasiswa IPB di Pulau Sempu, Terungkap Detik-detiknya

by -567 Views

Mahasiswa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) yang bernama Galang Edi Swasono (20 tahun) dilaporkan hilang di Pulau Sempu, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, pada Rabu, 27 Desember 2023. Hingga saat ini, pihak Polres Malang masih terus melakukan pencarian terhadap Galang.

Kasi Humas Polres Malang, Ipda Muhammad Adnan mengatakan bahwa Galang hilang setelah terpisah dari rombongan penelitian bersama sejumlah mahasiswa lain di blok Telaga Lele, Pulau Sempu. Polisi menerima laporan dari warga pada pukul 20.00 WIB pada hari Rabu, 27 Desember 2023.

Galang merupakan mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, Jurusan Konservasi Sumber Daya Hutan dan Ekowisata Semester 5. Dia dinyatakan hilang setelah terakhir terlihat pada pukul 09.00 WIB saat berpisah dari rombongan yang berjumlah 29 orang.

Galang merupakan ketua dari kegiatan penelitian tersebut yang di bagi menjadi dua lokasi, yaitu Telaga Lele dengan 23 orang dan Segara Anakan dengan 5 orang. Kegiatan penelitian ini terkait dengan pengamatan flora dan fauna, gua, dan fotografi konservasi. Saksi melaporkan bahwa Galang melakukan aktivitas sendirian dan belum kembali saat jam makan siang.

Setelah menyadari bahwa Galang belum kembali, puluhan mahasiswa memutuskan untuk memulai pencarian. Namun hingga pukul 23.00 WIB pada hari Rabu, belum ada tanda-tanda keberadaan Galang. Pencarian kemudian dilaporkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam, Pos Polairud, dan Polsek Sumbermanjing Wetan.

Pencarian dilakukan oleh petugas gabungan, termasuk Polairud, Polsek Sumbermanjing Wetan, TNI AL, dan relawan. Namun, pencarian mengalami kendala karena hampir seluruh kawasan Pulau Sempu tidak memiliki sinyal komunikasi yang dapat diakses.

Saat ini, pencarian masih terus dilakukan melalui jalur darat maupun perairan. Polisi juga mengimbau masyarakat yang memiliki informasi terkait keberadaan Galang untuk segera melaporkan kepada petugas. Semoga pencarian ini segera membuahkan hasil positif dalam waktu secepatnya.