Politisi Golkar Ravindra Airlangga Membahas Strategi dalam Melestarikan Lingkungan Melalui Bioprospeksi

by -171 Views

Jumat, 29 Desember 2023 – 19:02 WIB

Jakarta – Salah satu perhatian politisi Partai Golkar dan anggota DPR RI, Ravindra Airlangga, adalah menjaga konservasi hayati. Politisi muda tersebut menyatakan bahwa pengembangan bioprospeksi di Indonesia perlu didukung.

“Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat kaya. Hal ini seharusnya menjadi peluang penting bagi pengembangan bioprospeksi dan langkah penting untuk melestarikan kekayaan hayati kita,” kata Ravindra dalam keterangannya, Jumat 29 Desember 2023.

Politisi muda Partai Golkar ini menjelaskan bahwa banyak tanaman di Indonesia mengandung unsur-unsur yang dapat digunakan sebagai bahan dasar farmakologi dan enzim industri.

“Dari tanaman-tanaman di Indonesia, terdapat senyawa yang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat farmakologi, enzim industri, dan lainnya,” jelasnya.

Ravindra berharap bahwa pengembangan bioprospeksi ini dapat memberikan manfaat komersial bagi Indonesia. Ia mengakui bahwa beberapa tanaman di Indonesia telah dikomersilkan oleh perusahaan luar negeri untuk pengobatan kanker.

“Dalam UU KSDAHE, kami berharap adanya bagi hasil ke negara pemilik Sumber Daya Genetik (SDG) jika kekayaan SDG menghasilkan produk komersial. Ini akan diperkuat oleh RUU SDG yang dicanangkan. Contohnya, ada obat kanker yang dihasilkan dari tanaman taxus sumatera yang sudah dikomersialkan oleh perusahaan asing,” jelas anggota Komisi IV DPR RI tersebut.

Bioprospeksi, menurut definisi Prof. Hadi S. Alikodra, adalah upaya penelusuran, klasifikasi, dan investigasi produk berguna seperti senyawa kimia baru, bahan aktif, gen, protein, serta informasi genetik lain untuk tujuan komersial dengan nilai ekonomi aktual dan potensial yang ditemukan dalam keragaman hayati.

Hal ini dapat dilakukan dalam empat tahap, yaitu inventarisasi pengetahuan lokal, eksplorasi sumber daya hayati, koleksi specimen, identifikasi, isolasi senyawa aktif atau informasi genetis, karakterisasi, produksi senyawa spesifik, penapisan (screening), konfirmasi aktivitas biologis, pengembangan produk, pengujian, serta komersialisasi produk.

Referensi:
https://www.viva.co.id/strstrnc=”https://www.viva.co.id/strstrnews/dunia/1525257-budi-djiwandono-keponakan-ganteng-prabowo-yang-nikah-sama-mila”