Bobby Nasution Membagikan Bus Listrik Gratis Canggih di Medan

by -306 Views

Medan – Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution secara resmi meluncurkan 4 unit bus listrik yang modern, canggih, dan ramah lingkungan. Bus tersebut beroperasi di Kota Medan tanpa biaya alias gratis.

Bus listrik ini resmi beroperasi melayani masyarakat Kota Medan pada Kamis, 4 Januari 2024. Rutenya meliputi Kompleks J-City, Kecamatan Medan Johor – Jalan Karya Wisata – Jalan AH Nasution – Jalan Jamin Ginting (untuk mahasiswa di Kampus USU).

Selain itu, meliputi juga Jalan Pattimura – Jalan Sudirman – Jalan Diponegoro (untuk warga di sekitar kantor Gubsu atau Sun Plaza) – Jalan Pengadilan – Jalan Maulana Lubis (untuk warga di perkantoran sekitar kantor Wali Kota Medan) – Jalan Balai Kota – Jalan Guru Patimpus – Jalan Gatot Subroto – Jalan Iskandar Muda – Jalan Jamin Ginting – kembali ke J-City.

Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution menjelaskan bahwa bus listrik ini tidak menggunakan dana APBD, melainkan hasil kolaborasi antara Pemko Medan dengan PT Kalista.

Bobby Nasution mengungkapkan bahwa Kota Medan memiliki keterbatasan anggaran dibandingkan dengan DKI Jakarta. Oleh karena itu, kolaborasi dilakukan antara Pemerintah Kota (Pemko) Medan dengan Pemerintah pusat dan pihak swasta terkait.

Selain itu, Bobby Nasution mengatakan bahwa Pemko Medan tetap konsisten dalam mengembangkan kendaraan ramah lingkungan. Dia juga berpesan agar hasil dan aset pembangunan yang telah dihasilkan bisa dijaga bersama agar dapat dimanfaatkan dengan aman dan nyaman.

Bobby Nasution juga memerintahkan Dishub Medan untuk menertibkan jalanan. Selain itu, sopir bus listrik juga sudah mendapatkan pelatihan agar tertib lalu lintas dan tidak ugal-ugalan di jalanan.

Direktur Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan, Suharto, mengapresiasi komitmen Bobby Nasution dalam memajukan transportasi di Kota Medan. Menurutnya, keterbatasan anggaran tidak menghalangi Kota Medan untuk mendekati Jakarta dalam hal pembangunan transportasi.

Secara keseluruhan, bus listrik ini merupakan upaya Pemko Medan dalam memberikan layanan angkutan umum modern, aman, nyaman, dan ramah lingkungan kepada masyarakat Kota Medan.