Kenangan Mahfud Md tentang Momen Dia Memerintahkan Wali Kota Bogor untuk Segera Meresmikan GKI Yasmin

by -252 Views

Mahfud Md, calon wakil presiden nomor urut 3, menghadiri perayaan Natal dan Tahun Baru Konser Lilin Putih di Jakarta pada Rabu malam, 3 Januari 2024. Saat itu, ia mengenang momen peresmian Gereja Kristen Indonesia (GKI) Pengadilan Pos Bogor Barat, Jawa Barat, juga dikenal dengan nama GKI Yasmin.

“Saudara, saya juga yang dengan tegas meresmikan dan menghidupkan kembali Gereja Yasmin,” ujar Mahfud saat memberikan sambutan dalam acara perayaan tersebut di Balai Sarbini, Jakarta, Rabu.

Menurut Mahfud, sejak tahun 2006, Gereja Yasmin di Kota Bogor, Jawa Barat, telah mengalami sengketa yang tidak kunjung selesai hingga pergantian presiden. Mahfud menyebut bahwa ia berkoordinasi dengan wali kota yang progresif, Bima Arya, untuk menyelesaikan sengketa tersebut. Pada bulan April 2023, Gereja Yasmin berhasil diresmikan secara sah di bawah perlindungan negara berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Rumah ibadah Gereja Yasmin tersebut diresmikan pada 9 April 2023, bertepatan dengan peringatan Paskah, di Kota Bogor. Gereja ini memiliki kapasitas 300 jemaat dan telah menjalani pembangunan selama dua tahun setelah lima belas tahun berkonflik dengan warga sekitar. Konflik ini sempat menjadi sorotan nasional bahkan internasional, sehingga pemerintah pusat turut mendorong penyelesaian konflik tersebut.

Dalam proses perizinan, pihak Gereja dibantu Pemerintah Kota Bogor hingga melobi pemerintah pusat agar konflik mencair dengan komunikasi yang baik. Pemerintah Kota Bogor juga melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama, pemerintah wilayah setempat, serta tokoh agama di sekitar lokasi tersebut.