Survei Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran di Jatim Capai 60,1%, Tren Terus Naik

by -220 Views

Survei: Prabowo-Gibran Ungguli Paslon Capres di Jawa Timur dengan Elektabilitas 60,1%

Jakarta – Elektabilitas Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka di Jawa Timur mencapai 60,1% dengan tren yang terus naik. Hasil ini merupakan hasil dari survei terbaru yang dilakukan oleh Poltracking Indonesia dengan judul ‘Peta Suara Pilpres di Provinsi Penentu: Siapa Pemenang di Jawa Timur?’ yang dirilis pada Selasa (6/2).

Berdasarkan survei yang dilakukan pada tanggal 25-31 Januari, pasangan Prabowo-Gibran unggul dari dua pasangan lainnya, yaitu Ganjar-Mahfud dengan 17,2% dan Anies-Muhaimin dengan 14,9% suara.

Poltracking Indonesia mengungkapkan bahwa tren elektoral Prabowo Subianto di Jawa Timur terus mengalami kenaikan sejak Juni 2023. Kenaikan yang signifikan terjadi dari bulan September 2023 hingga Januari 2024 sebesar 19,5%, di mana pada rentang waktu tersebut Prabowo Subianto dipastikan berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

Selain itu, survei juga memperlihatkan bahwa tren elektabilitas pasangan Anies-Muhaimin cenderung stabil, sementara pasangan 3, Ganjar-Mahfud mengalami penurunan.

Kekuatan elektabilitas pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) ini tersebar di wilayah Arek, Mataraman, Tapal Kuda, dan Pantura. Di sisi lain, pemilih di wilayah Madura menjadi kompetitif antara pasangan Anies-Muhaimin dan Prabowo-Gibran.

Survei Poltracking Indonesia dilakukan di 11 Daerah Pemilihan (Dapil) DPR RI Jawa Timur dengan melibatkan 8000 responden. Metode survei yang digunakan adalah stratified multistage random sampling, dengan margin of error sebesar +/- 1,1 persen pada tingkat kepercayaan 95%.

Pengambilan sampel pada setiap dapil memperhatikan keterwakilan seluruh kecamatan yang ada di dapil tersebut dengan tetap mempertimbangkan proporsi Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap kabupaten/kota.

Source link