Kapolda Riau Bebaskan 107 Kg Sabu, Kampung Narkoba Dikejar!

by -89 Views

Pekanbaru – Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal, mengumumkan penangkapan 107 Kg sabu dan lebih dari 2 ribu ekstasi selama Ramadan 2024 ini. Kapolda meminta untuk membersihkan kampung-kampung narkoba.

Pengumuman penangkapan dilakukan di halaman Polda Riau Jalan Pattimura. Hadir Direktur Narkoba Kombes Manang Soebeti, Kepala BNNK Pekanbaru Kombes Berliando, Kabid Humas Kombes Herry, dan sejumlah pejabat Riau.

Irjen Iqbal mengatakan bahwa penangkapan ini berkat operasi Direktorat Narkoba dan Satnarkoba Polres di Polda Riau, terutama selama bulan suci Ramadan.

“Saya telah memerintahkan Operasi Tertib Ramadan sebelum bulan Ramadan. Tujuannya adalah agar bulan yang penuh berkah ini bersih dari narkoba dan hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Irjen Iqbal pada Jumat (5/4/2024).

Dalam operasi membersihkan narkoba, tim berhasil menggagalkan peredaran 107 Kg sabu dan ekstasi. Semua ini diungkap oleh jajaran Polda Riau.

“Pada kesempatan ini, ada 8 kasus dengan 17 tersangka. Total barang bukti yang ditampilkan sebanyak 107,7 Kg. Selain itu, ada juga 2.736 butir ekstasi, serta 200-an gram ganja,” ujar Iqbal.

Iqbal menegaskan bahwa penindakan terhadap peredaran narkoba akan terus dilakukan. Terutama jika pelaku tersebut membahayakan petugas yang bertugas dan masyarakat di lokasi penangkapan.

“Tidak ada toleransi untuk para pengedar narkoba. Jika mereka membahayakan nyawa petugas, saya akan perintahkan tindakan tegas, bahkan hingga menembak. Ketika ada ancaman, kita memiliki hak untuk menghentikan mereka,” tegas Iqbal.

Selama bulan Ramadan, Iqbal meminta agar seluruh personel siaga dan terlibat langsung dengan masyarakat. Termasuk melakukan sosialisasi dan mengingatkan masyarakat agar tidak tergoda oleh narkoba.

“Khusus untuk narkoba, kami ingin memastikan bahwa tidak ada peredaran narkoba. Jika ada kawasan narkoba, hancurkan. Jangan biarkan ada kawasan narkoba, karena hal tersebut adalah aib bagi kita,” ujar Iqbal.

Sementara itu, Direktur Narkoba Polda Riau, Manang Soebeti, mengungkap bahwa di Pekanbaru, pihaknya berhasil membongkar jaringan Iwan Kota. Iwan Kota, atau Ice, menjadi pemasok di kawasan Pangeran Hidayat atau lebih dikenal dengan Panger dan Jalan Agus Salim.

“Berdasarkan arahan Kapolda, kerjasama dari seluruh pihak akhirnya membongkar jaringan ini, dan salah satu pemasok di Panger dan pengedar utama di Jalan Agus Salim yang bernama Ice atau Iwan Kota berhasil ditangkap,” ujar Manang.

Dari Iwan Kota, polisi berhasil mengamankan 10 Kg sabu dan uang tunai sebesar Rp 200 juta. Termasuk transaksi senilai miliaran rupiah dari jual beli barang haram asal Malaysia.

“Dari Iwan, kami menemukan 10 Kg sabu, uang Rp 200 juta, dan total transaksi sekitar Rp 10 miliar lebih hanya dalam periode Januari-Maret tahun ini. Namun, masih ada calon tersangka lain yang sedang dalam pengejaran kami,” kata Manang, yang didampingi oleh Kasubdit I AKBP Bobby Putra Subayang dan Kasubdit II Kompol Rian Fajri.

Source link