Kemajuan Industri Pertahanan Nasional Terbukti

by -96 Views

Minggu, 5 Mei 2024 – 14:06 WIB

VIVA – Indonesia patut berbangga dengan kemajuan yang signifikan dalam industri alat utama sistem senjata (alutsista). Berbagai produk hasil produksi dalam negeri telah berhasil menembus pasar global dan mendapatkan pengakuan internasional.

Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia mampu memproduksi alutsista berkualitas tinggi yang tidak kalah dengan produk dari negara lain. Salah satu perusahaan yang berperan besar dalam kemajuan industri alutsista nasional adalah PT Pindad. Perusahaan BUMN ini telah menghasilkan berbagai macam alutsista, mulai dari senjata, kendaraan tempur, hingga pesawat terbang.

Produk-produk Pindad telah digunakan oleh TNI dan Polri, dan juga diminati oleh negara-negara lain di kawasan Asia dan Afrika.

Berikut adalah beberapa contoh alutsista buatan Indonesia yang banyak diminati oleh negara lain.

1. Senjata Api
Pistol G2 Elite atau Combat, yang dikenal dengan keakuratannya dan banyak digunakan oleh atlet penembak dalam berbagai kompetisi internasional.

2. Sniper SPR 4
Sniper ini juga telah diakui kehandalannya oleh negara lain. SPR 4 melengkapi seri penembak runduk sebelumnya, yaitu SPR 2 kaliber 12mm dan SPR 3 kaliber 7.62.

Senjata yang diperkenalkan pada 9 Oktober 2017 ini menggunakan munisi khusus MU56 M dengan jarak tembak efektif mencapai 1.500 meter.

Selain itu, Pindad juga memproduksi 4 varian senapan mesin laras panjang, yaitu SMS2 – V2, SM2-V1, SM3, dan SM5, yang sering digunakan oleh TNI dan Polri dengan daya gedor yang dahsyat.

3. Kendaraan Taktis
Anoa 6×6, mobil amfibi yang dapat mengangkut 10 orang dan dilengkapi dengan peluncur granat, sering digunakan sebagai mobil tempur, ambulan tempur, dan kendaraan logistik.

Komodo 4×4, kendaraan yang biasanya digunakan sebagai mobil pengintai, peluncur misil, atau mobil serbu. Serta panser Badak Canon varian kendaraan tempur 6×6 untuk kebutuhan TNI Khusus satuan kavaleri.

4. Senapan Serbu Akurat
Salah satu senjata yang populer adalah Senapan Serbu (SS) – 2V4, yang digunakan oleh TNI dan memenangkan lomba Australian Army Skill at Arms Meeting (AASAM). Senapan ini lebih akurat dan memiliki hentakan yang kecil saat penembakan dibandingkan dengan pendahulunya.

Keberhasilan Indonesia dalam ekspor alutsista menunjukkan kemampuan Indonesia dalam memproduksi alutsista berkualitas tinggi. Produk-produk alutsista buatan Indonesia telah terbukti kualitasnya dan diminati oleh negara lain.