Siswa SMK Lingga Kencana Berfoto Terakhir Sebelum Bus Mereka Terguling

by -86 Views

Subang – Kecelakaan tragis yang melibatkan bus pariwisata yang membawa rombongan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Lingga Kencana di Jalan Raya Kampung Palasari, Desa Palasari, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, pada Sabtu, 11 Mei 2023, telah menimbulkan kesedihan yang mendalam.

Para siswa SMK tersebut baru saja merayakan kelulusan dan mengadakan acara perpisahan di Lembang, Bandung, sehari sebelum kecelakaan terjadi. Bus mengalami kecelakaan saat hendak pulang kembali ke Kota Depok.

Satu dari tiga bus yang membawa rombongan siswa SMK asal Kota Depok mengalami kecelakaan tragis, dimana bus tersebut terguling dan para penumpang terpental dan tergeletak di jalan. Sebelum terguling, bus dengan nomor polisi AD 7524 OG itu oleng dan menabrak sejumlah sepeda motor dan satu mobil. Sebanyak 11 orang dikabarkan meninggal dunia, dan puluhan orang lainnya mengalami luka-luka.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, dr. Maxi, menyebutkan bahwa total korban kecelakaan tersebut ada 60 orang, dimana 11 diantaranya meninggal dunia. Korban yang selamat telah dilarikan ke beberapa fasilitas kesehatan untuk mendapatkan perawatan.

Bus pariwisata yang mengangkut rombongan siswa SMK asal Depok ini terguling di jalan turunan di kawasan Ciater, Subang, Jawa Barat. Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol Jules Abraham, menyampaikan bahwa bus tersebut oleng ke kanan saat jalanan menurun sehingga menabrak kendaraan dari arah berlawanan.

Dilaporkan bahwa bus tersebut langsung terguling setelah menabrak kendaraan lainnya yang terparkir di bahu jalan. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Subang, Asep Setia Permana, menambahkan bahwa bus diduga mengalami rem blong yang menyebabkan kecelakaan tersebut.