Prabowo Subianto : Demokrasi akan Lebih Kuat Sekarang dengan Sosial Media

by -82 Views

Jakarta – Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, menekankan bahwa demokrasi akan menjadi lebih kuat di Indonesia sekarang ini karena perkembangan internet dan media sosial.

Beliau menyatakan bahwa demokrasi adalah sistem pemerintahan di mana kedaulatan berada pada rakyat, di mana rakyat memiliki kekuasaan untuk memilih para pemimpin mereka.

“Dikarenakan jumlah penduduk Indonesia yang banyak, maka kita menerapkan sistem perwakilan. Rakyat memiliki kedaulatan untuk memilih wakil-wakil mereka di parlemen, serta memiliki hak untuk memilih presiden, bupati, dan gubernur dalam sistem presidensial. Hal ini adalah kehendak dari rakyat kita,” jelas Prabowo dalam wawancara eksklusif bersama tvOne dengan tema “Prabowo Subianto Bicara Untuk Indonesia” pada Rabu (22/5) malam.

Ketika ditanya apakah pemerintahannya nantinya akan anti kritik, Prabowo menegaskan bahwa kritik sangat penting dan harus bersifat objektif.

“Kritik harus diijinkan, itu adalah bentuk check and balances yang akan menjaga keberjalanan pemerintahan. Namun, kritik harus sifatnya membangun dan objektif,” ungkap Prabowo.

Prabowo juga menyatakan pentingnya kebebasan pers, meskipun beberapa media di Indonesia telah menjadi milik konglomerasi bisnis dari segelintir orang.

“Media mainstream adalah bisnis, dan setiap bisnis memiliki pemilik. Jadi, apakah media mainstream yang dimiliki oleh segelintir orang itu benar-benar mewakili kepentingan rakyat atau hanya kepentingan pribadi?” tanya Prabowo.

Beliau berharap bahwa di tengah pesatnya perkembangan media sosial, masyarakat dapat mendapatkan informasi dari berbagai sumber yang tidak hanya dikuasai oleh sekelompok pemilik media.

“Dengan adanya revolusi informasi dan keberadaan media baru melalui internet, media sosial, dan sebagainya, informasi dapat dengan cepat disampaikan kepada masyarakat. Menurut saya, demokrasi akan menjadi lebih kuat sekarang, tidak lagi dikuasai oleh 5-6 orang,” tutup Prabowo.

Source link