Fadli Zon Mengatakan Perbaikan Infrastruktur di Sumbar untuk Korban Bencana Berjalan Cepat

by -108 Views

Senin, 3 Juni 2024 – 10:56 WIB

Jakarta – Ketua Umum DPP Ikatan Keluarga Minangkabau (IKM), Fadli Zon melakukan peninjauan langsung di lokasi bencana banjir bandang dan galodo yang terjadi di beberapa daerah di Provinsi Sumatera Barat beberapa waktu yang lalu.

Fadli Zon bersama Pengurus DPP IKM, didampingi oleh Ketua DPRD Tanah Datar, Rony Mulyadi, melihat langsung pengungsian warga dan lokasi bencana di daerah terdampak seperti Nagari Rambatan, Nagari Paninjauan, dan Nagari Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar.

Fadli Zon menyampaikan rasa duka cita dan simpatinya kepada masyarakat yang terdampak. Dia berharap dan berdoa agar bencana ini segera berakhir dan tidak terulang lagi di wilayah Minangkabau.

“Warga perantau Minang di seluruh Tanah Air dan luar negeri, turut memberikan simpati atas kejadian yang menimpa saudara di kampung halaman Sumatera Barat,” katanya dilansir pada Senin, 3 Juni 2024.

Ketua Umum Partai Gerindra bersama Pengurus DPP IKM juga memberikan bantuan dana untuk Nagari Rambatan, Nagari Paninjauan, dan Nagari Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar.

Fadli Zon juga melihat langsung kondisi terakhir di sekitar Lembah Anai yang rusak akibat bencana banjir bandang dan galodo. Jalan penghubung Padang-Bukittinggi terputus di 16 titik karena bencana banjir bandang dan longsor.

“Saat ini, perbaikan infrastruktur sedang berjalan dengan cepat siang dan malam, dengan target bulan Juli dapat berfungsi normal kembali,” kata Ketua BKSAP DPR RI ini.

Bersama Kapolres Padang Panjang dan beberapa manajer lapangan PT HKI, Fadli juga melihat langsung lokasi bencana dan progres perbaikan jalan yang terputus.

Ia menegaskan bahwa keprihatinan dan duka cita ini dirasakan oleh seluruh perantau Minang di Tanah Air.

Sebagai Ketua Umum IKM, Fadli Zon mengajak para perantau untuk bersatu mengumpulkan bantuan dana dan logistik untuk membantu korban bencana banjir bandang dan galodo di beberapa kabupaten di Sumatera Barat.

Beberapa Pengurus IKM seperti IKM Papua, IKM DKI Jakarta, IKM Bogor, IKM Duri, IKM Bengkalis, IKM Kendal, telah memberikan bantuan langsung. Proses pengumpulan dana dan bantuan logistik terus berlanjut di beberapa daerah perantauan.

Selain itu, kehadiran Fadli Zon di Kabupaten Tanah Datar disambut oleh Bupati Eka Putra dan Forkopimda di Gedung Indo Jalito, Batusangkar.

Dalam pertemuan tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten menjelaskan situasi sebelum dan setelah terjadi bencana banjir bandang dan galodo di beberapa titik Kabupaten Tanah Datar. Kerugian akibat bencana tersebut sangat besar dan parah.

Anggota DPR RI juga mengapresiasi langkah cepat tanggap Pemerintah Daerah pasca bencana, dengan turun langsung ke lokasi pada hari pertama untuk memastikan keselamatan warga. Ia juga menyarankan perlunya antisipasi terhadap bencana lanjutan, seperti relokasi rumah dan fasilitas di zona merah.