Server Pusat Data Nasional Masih Belum Stabil, Para Penumpang Internasional Disarankan untuk Menuju Bandara dengan Waktu Lebih Awal

by -66 Views

Bali – Gangguan server Pusat Data Nasional (PDN) milik Kominfo masih belum pulih sepenuhnya setelah mengalami gangguan pada Kamis, 20 Juni 2024. Gangguan tersebut berdampak pada layanan imigrasi di bandara Indonesia.

Layanan penerbangan internasional di bandara dialihkan sementara ke layanan manual. Mesin autogate imigrasi tidak berfungsi untuk melakukan scanning pelintas dari luar negeri.

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura Indonesia, Rahadian D. Yogisworo mengatakan, pemeriksaan imigrasi di beberapa bandara In Journey Airport dilakukan secara manual.

“Dari beberapa bandara In Journey Airports yang melayani rute penerbangan internasional terpantau masih berjalan normal dan lancar,” kata Rahadian, Jumat, 21 Juni 2024.

Untuk mengantisipasi pelayanan terhadap pengguna jasa bandara, Angkasa Pura menambah jumlah petugas operasional, khususnya di terminal bandara. Hal ini untuk membantu petugas Imigrasi dalam mengatur antrean demi kelancaran pemeriksaan dokumen imigrasi.

“Kami juga memberikan imbauan kepada maskapai penerbangan yang melayani rute penerbangan internasional agar menyampaikan kepada calon penumpang untuk datang lebih awal dari jadwal keberangkatan guna meminimalkan antrean dalam proses imigrasi,” ujarnya.

Rahadian berharap layanan sistem imigrasi dapat kembali normal segera sehingga pelayanan terhadap pengguna jasa bandara, terutama penumpang rute internasional, dapat kembali optimal.

Sementara itu, layanan imigrasi di konter penerbangan internasional Bandara Ngurah Rai Bali mengalami penumpukan dan antrean pada Kamis, 20 Juni 2024. Kepala Bidang Teknologi Informasi Imigrasi Ngurah Rai Bali, Nyoman Asta menjelaskan, ada penambahan personil untuk mengurai antrean.

“Pemeriksaan berjalan lancar dan kami telah menambah personil. Meskipun terjadi antrean, namun masih dapat diantisipasi oleh rekan-rekan di bandara,” jelas Nyoman Asta.