HUT Ke-79 RI di IKN Berlangsung Lancar dengan Dukungan Cuaca yang Memadai

by -33 Views

Sabtu, 17 Agustus 2024 – 23:10 WIB

Penajam Paser Utara – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa pelaksanaan Upacara HUT Ke-79 RI di Istana Negara, Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, berjalan lancar pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

“Bahkan di Istana Negara IKN semuanya berjalan dengan lancar,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, seluruh rangkaian acara Upacara HUT RI dimulai dari apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) di Taman Kusuma Bangsa, IKN hingga penurunan Bendera Merah Putih pada sore hari.

“Semua berjalan dengan baik, cuaca pun sangat mendukung,” ujarnya.

Cuaca sempat hujan setelah Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia sehingga suasana menjadi sejuk saat proses penurunan Bendera Merah Putih.

“Pas saat istirahat, hujan turun sehingga suasana menjadi sejuk, tidak panas, dan upacara menjadi sangat khidmat,” jelasnya.

Jokowi juga menyampaikan Dirgahayu Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-79 untuk seluruh rakyat Indonesia.

“Pada kesempatan yang baik ini, sekali lagi kita mengucapkan Dirgahayu Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-79 untuk seluruh rakyat sebangsa dan se-Tanah Air,” ucapnya.

Dalam acara tersebut, Jokowi memakai baju adat Nusantara yang terinspirasi dari Banjar, Kalimantan Selatan. Bersama Ibu Negara Iriana, Jokowi tiba di lokasi upacara pukul 16.40 WITA.

Upacara penurunan bendera dimulai pukul 16.48 WITA dan Tim Paskibraka berhasil menurunkan Bendera Merah Putih. Bendera tersebut kemudian diserahkan kepada Jokowi untuk disimpan kembali di Istana Negara IKN.