Hujan Diprediksi Akan Mengguyur Sebagian Besar Ibu Kota Provinsi Hari Ini

by -523 Views

Minggu, 29 September 2024 – 06:36 WIB

Jakarta, VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian wilayah ibu kota provinsi akan diguyur hujan disertai petir pada hari ini. Peringatan dini juga telah dikeluarkan.

Prakirawan BMKG Yohanes dalam kanal Youtube yang diikuti di Jakarta menyampaikan bahwa beberapa ibu kota provinsi di Sumatera seperti di Kota Padang dan Pekanbaru diprediksi akan hujan sedang. Sementara itu, Medan dan Tanjung Pinang berpotensi untuk hujan ringan.

“Waspada terhadap potensi hujan yang disertai petir di wilayah Banda Aceh,” kata Yohanes pada Minggu, 29 September 2024.

Selain itu, untuk wilayah Lampung diprediksi hujan ringan, sementara masyarakat di Kota Jambi, Bengkulu, Pangkal Pinang, dan Palembang diimbau untuk waspada terhadap hujan yang disertai petir.

Bergerak ke Pulau Jawa, cuaca di Kota Serang, Bandung, dan Jakarta diprediksi akan mengalami hujan ringan. “Kota Yogyakarta diprediksi akan cerah berawan, sementara Semarang dan Surabaya berawan,” ucapnya.

Selanjutnya, di Pulau Bali dan Nusa Tenggara, secara umum diprediksi akan berawan di wilayah Denpasar dan Kupang, serta hujan ringan di Mataram.

“Kita beralih ke Pulau Kalimantan, umumnya diperkirakan hujan ringan di Tanjung Selor, Samarinda, Palangkaraya, dan Banjarmasin,” ujarnya.

Hujan disertai petir berpotensi terjadi di wilayah Pontianak. Kemudian, beralih ke Pulau Sulawesi, secara umum Gorontalo diprediksi akan berawan, sementara Kota Kendari dan Makassar berawan tebal.

“Hujan ringan diharapkan terjadi di wilayah Manado dan Palu, dan waspadai hujan disertai petir di Mamuju,” tuturnya.

Selanjutnya, di wilayah Indonesia bagian Timur, secara umum diperkirakan udara akan kabur di Sorong dan Manokwari.

“Hujan ringan diharapkan di Ambon, Ternate, Jayawijaya, dan Merauke, serta hujan sedang di Nabire,” ujarnya.

Untuk suhu udara, umumnya berkisar antara 16-34 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar antara 41-99 persen. (Ant)