Rocky Gerung Ungkap Peran Jawa Timur dalam Penguatan Indonesia Timur

by -23 Views

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 22:53 WIB

Surabaya, VIVA – Aktivis Rocky Gerung hadir untuk memberikan orasi di sidang paripurna DPRD Jawa Timur di Surabaya pada Sabtu, 12 Oktober 2024. Pada kesempatan tersebut, ia menyampaikan betapa penting dan strategisnya Provinsi Jawa Timur sebagai penopang nasional.

Jawa Timur, kata Rocky, merupakan tulang punggung nasional, terutama dalam sektor pangan. Komoditas pangan di Jawa Timur memberikan kontribusi besar secara nasional. “Jawa Timur menopang 20 provinsi Indonesia bagian timur. Jadi bayangkan daging sapi sampai bumbu pecel dihasilkan dari Jawa Timur,” ujarnya.

Rocky menyatakan, jika Jawa Timur berhasil maju dan produktivitasnya surplus, maka kemakmuran masyarakat secara nasional akan meningkat. Oleh karena itu, ia optimis bahwa Jawa Timur akan mampu memainkan perannya sebagai provinsi strategis tersebut.

Namun demikian, lanjut pemikir kontroversial ini, Indonesia saat ini masih memiliki tantangan yang berat, yaitu kesejahteraan masyarakat yang masih rendah. Isu stunting juga menjadi masalah yang secara nasional mencapai angka 21 persen, jauh dari target prevalensi sebesar 14 persen.

Dalam konteks tersebut, menurut Rocky, peran Jawa Timur sangat diperlukan. Jawa Timur, melalui kekuatan anggarannya, harus mampu mengoptimalkan kebijakannya dalam pembangunan manusia dan perempuan. Jika hal itu dapat tercapai, maka angka stunting dapat ditekan.

Rocky yakin Jawa Timur dapat mengatasi tantangan tersebut. Sejarah Jawa Timur, terutama Surabaya, memiliki sejarah gemilang sebelum dan setelah kemerdekaan. Surabaya sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur menjadi semangat saat melawan penjajah untuk mempertahankan kemerdekaan. Tokoh-tokoh pahlawan dari Jawa Timur juga berasal dari Surabaya. Oleh karena itu, Rocky tidak pesimis akan kemampuan masyarakat Jawa Timur dalam membangun kesejahteraan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nasional.