Enthusiastic Crowds Greet Prabowo Subianto and Defense Minister Sjafrie as They Ride Maung Following Handover Ceremony

by -42 Views

Jakarta – Presiden Indonesia ke-8, Prabowo Subianto, dan Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin naik bersama di dalam kendaraan Maung setelah upacara serah terima memorandum di Kementerian Pertahanan di Jakarta pada hari Selasa (22 Oktober).

Setelah menghadiri serangkaian acara, termasuk salam seremonial dan serah terima memorandum dari Prabowo, Menteri Pertahanan yang lama, kepada Sjafrie, yang akan melanjutkan perannya, keduanya juga saling bertukar tanda penghargaan.

Di akhir acara, Prabowo dan Sjafrie naik ke Maung, kendaraan yang diproduksi oleh PT Pindad, dan melakukan perjalanan dari Kementerian Pertahanan ke Istana Negara.

Masyarakat, termasuk warga sipil dan personel militer, sangat antusias saat Prabowo dan Sjafrie melintas.

“Pak Prabowo! Pak Presiden!” teriak orang-orang sambil memberi salam saat melihat Prabowo.

Sjafrie telah menjaga hubungan yang erat dengan Prabowo sejak masa muda. Hubungan ini telah dicatat dalam beberapa foto yang dibagikan oleh Sjafrie di akun Instagram pribadinya, @sjafrie_sjamsoeddin, di mana keduanya terlihat duduk berdampingan pada masa muda mereka.

Setelah lulus dari Akademi Militer pada tahun 1974, baik Sjafrie maupun Presiden Prabowo bergabung dengan Komando Pasukan Khusus (Kopassus), di mana mereka bertugas bersama dalam operasi militer penting, termasuk di Timor Timur.

Sepanjang karirnya, Sjafrie menduduki berbagai posisi kunci, termasuk Asisten Urusan Wilayah kepada Kepala Staf TNI, Penasihat Panglima Angkatan Bersenjata, Koordinator Staf Penasehat Panglima, Kepala Pusat Informasi TNI (2002), dan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan (2005-2010). Kementerian Pertahanan, yang sebelumnya bernama Departemen Pertahanan (Dephan), resmi mengubah namanya pada tanggal 6 November 2008.

Setelah pensiun dari dinas militer aktif pada tahun 2010, Sjafrie dengan cepat beralih ke peran dalam pemerintahan, menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan (2010-2014) selama masa jabatan kedua Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan kemudian sebagai Asisten Menteri Pertahanan untuk Manajemen Pertahanan (2019-2024).

Akhirnya, Sjafrie resmi diangkat oleh Presiden Prabowo sebagai Menteri Pertahanan Kabinet Merah Putih dan dilantik pada hari Senin, 21 Oktober 2024. (RR)

Source link