Tabrakan antara kelompok pendukung Israel dan Palestina menciptakan kekacauan di Bitung: Inilah Urutannya

by -144 Views

Minggu, 26 November 2023 – 22:50 WIB

Bitung – Polisi mengungkapkan kronologi bentrok massa aksi bela Palestina dengan ormas pro Israel di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut). Pihak Kepolisian Resort Bitung mengatakan bahwa bentrokan terjadi karena adanya kesalahpahaman antara kedua kelompok tersebut.

Kapolres Bitung AKBP Tommy Bambang Souissa menjelaskan bahwa bentrokan antar kelompok bermula saat salah satu ormas merayakan HUT ke-12 di wilayah GOR Dua Saudara, Bitung pada Sabtu 25 November 2023 sore. “Awalnya ada acara yang digelar salah satu LSM sedang merayakan HUT yang ke-12. Mereka itu LSM masyarakat adat yang tengah menggelar acaranya di GOR Dua Saudara,” ungkap Tommy kepada wartawan Sabtu malam 26 November 2023.

Tommy mengungkap bahwa acara LSM tersebut telah mendapat izin resmi dari pemerintah dan kepolisian. Mereka diberi izin karena acara yang digelar merupakan kegiatan kebudayaan. Saat acara ormas LSM itu digelar, massa aksi bela Palestina melintas di lokasi yang sama hingga terjadi kesalahpahaman dan bentrokan.

“Atas kejadian itu, aparat gabungan langsung diterjunkan ke lokasi dengan membubarkan bentrokan kemudian memperketat pengamanan di perbatasan Bitung demi mencegah keributan meluas,” kata Tommy.

Sebelumnya telah diberitakan bentrokan antar ormas di Kota Bitung. Dalam video yang beredar, terlihat saling serang ormas terjadi di jalanan Kota Bitung. Bentrokan ini terjadi sejak sore hingga malam di Kota Bitung, Sulawesi Utara, Sabtu 25 November 2023. Informasi diperoleh, kelompok ormas yang bentrok merupakan massa pro Israel dan Palestina. Bentrokan ini pun viral di media sosial.

“Kota Bitung Sulawesi Utara Memanas, Dua Kubu Massa Pro Israel dan Palestina Bertemu dan Bentrok di Jalan, Sabtu 25 November 2023,” tulis akun Instagram @fakta.indo.