Distribusi 28,5 Ton Produk Ikan dan Penyediaan 51 Beasiswa untuk Anak Nelayan

by -137 Views

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Adin Nurawaluddin, mengumumkan bahwa pihaknya telah menyalurkan 28,5 ton produk ikan dalam rangka Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan 2023. Kegiatan ini akan dilaksanakan di Pangkalan PSDKP Jakarta pada 23 Oktober 2023 dan juga di 13 UPT Ditjen PSDKP lainnya. Adin menjelaskan bahwa kegiatan ini, yang memiliki tema PSDKP sebagai Sahabat Nelayan, merupakan bentuk nyata dari komitmen Ditjen PSDKP untuk berbagi kepada masyarakat nelayan sebagai bagian dari perayaan Hari Jadi ke-24 KKP.

Sebagai “Sahabat Nelayan”, Adin mengatakan bahwa Ditjen PSDKP juga telah meluncurkan program “PSDKP Berbagi” dengan nelayan di berbagai daerah di Indonesia. Sebelumnya, Ditjen PSDKP KKP juga telah membagikan 4,5 ton produk perikanan kepada 50 kelompok, termasuk yayasan sosial, panti jompo, dan masyarakat di Stasiun PSDKP Pontianak, Kalimantan Barat, pada 17 Oktober 2023. Selain itu, Ditjen PSDKP KKP juga telah mendistribusikan 28,5 ton produk perikanan dan 245 paket ikan sebagai upaya untuk mendukung program mengentaskan stunting dan menggelorakan “Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan” (Gemarikan) selama Bulan Bakti Kelautan dan Perikanan 2023.

Adin juga menjelaskan bahwa ikan memiliki kandungan gizi tinggi seperti protein, omega 3, vitamin, dan mineral yang penting untuk perkembangan anak-anak dan dapat membantu mencegah stunting. Ditjen PSDKP juga telah mengadakan program “PSDKP Mengajar” yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang KKP dan Ditjen PSDKP serta menanamkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kelautan dan perikanan. Pada kesempatan tersebut, Ditjen PSDKP KKP juga memberikan beasiswa kepada 51 anak nelayan dan anak-anak yang berprestasi di sektor kelautan dan perikanan di 14 UPT Ditjen PSDKP.