Profil Profesor Hikmahanto Juwana, Dosen Tertinggi Universitas Indonesia yang Menjadi Panelis Debat Calon Presiden Kedua

by -353 Views

Debat capres ketiga Pilpres 2024 akan segera dilaksanakan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah memilih Istora Senayan, Jakarta Pusat sebagai tempat pelaksanaannya.

Debat ini akan dihadiri oleh Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo. Tema yang akan dibahas mencakup pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Salah satu panelis debat capres yang turut berpartisipasi adalah Prof Hikmahanto Juwana. Profil dan biodata lengkapnya dapat dilihat di bagian akhir artikel.

Profil dan Biodata Prof Hikmahanto Juwana
– Nama Lengkap : Prof Hikmahanto Juwana SH., LL.M., Ph.D
– Sapaan : Gihik
– Agama : Islam
– Tempat Lahir : Jakarta
– Tanggal Lahir : 23 November 1965
– Zodiak : Sagitarius
– Warga Negara : Indonesia
– Ayah : Juwana
– Ibu : Siti Aisjah
– Istri : Nenden Esty Nurhayati
– Anak : Ogi Pratama Juwana, Tannia Meisa Juwana, dan Afira Diara Juwana

Biografi
Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D merupakan Guru Besar Hukum Internasional di Universitas Indonesia dan rektor dari Universitas Jenderal Ahmad Yani. Dia dikenal dengan nama kecil Gihik dan ayahnya merupakan seorang duta besar. Hikmahanto tinggal berpindah-pindah tempat sejak kecil dan menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di dua negara, Kamboja dan Singapura.

Pendidikan
Hikmahanto menempuh pendidikan di Sekolah Indonesia-Phnom Penh, Kamboja, Sekolah Indonesia-Singapura, Singapura, SMA Negeri 6, Jakarta. Setelah itu, ia melanjutkan studi di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, Jakarta dan meraih gelar Master of Law (LL.M) di Keio University, Jepang.

Karier
Selain menjadi Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia, Hikmahanto juga memiliki sejumlah pengalaman di bidang hukum, termasuk sebagai peneliti independen dan anggota dewan ahli di Departemen Kehakiman dan HAM RI.

Penghargaan
Hikmahanto pernah menerima British Achieving Award dari Pemerintah Inggris.
Berdasarkan profil dan pengetahuan akademisnya, Hikmahanto dipilih sebagai panelis dalam debat capres yang akan datang.