Menaker Ida Fauziyah Berkeinginan untuk Menambah Jumlah Tenaga Perawat Indonesia yang Bekerja di Jerman

by -63 Views

Minggu, 28 Juli 2024 – 08:40 WIB

Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah mengatakan bahwa program pengiriman tenaga perawat dari Indonesia ke Jerman melalui program Triple Win sudah mulai berjalan sejak 2021. Namun, karena adanya pandemi COVID-19, belum ada pemberangkatan pada tahun 2021 dan 2022.

“Pada tahun 2023, sebanyak 84 tenaga perawat diberangkatkan, dan pada bulan Juli 2024, sebanyak 175 orang telah diberangkatkan,” ujar Menaker saat pertemuan bilateral dengan Parliamentary State Secretary Jerman, Anette Kramme di Brazil, Jumat (26/7/2024) dalam pertemuan G20.

Pemerintah Indonesia dan Jerman telah bekerja sama dalam bidang perluasan kesempatan kerja, dengan menempatkan tenaga kerja Indonesia bidang kesehatan, khususnya perawat, di Jerman. Menaker berharap program ini dapat terus dikembangkan untuk memberikan kesempatan lebih besar kepada tenaga kerja Indonesia.

Untuk mendukung persiapan tersebut, pelatihan Bahasa Jerman di Indonesia menjadi kunci utama agar tenaga perawat memiliki kompetensi yang disyaratkan. Kementerian Ketenagakerjaan memiliki 21 Vocational Training Center (VTC) untuk mempersiapkan kompetensi teknis dan Bahasa Jerman.

Selain itu, dalam bidang hubungan industrial, jaminan sosial, pengawasan ketenagakerjaan, dan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Indonesia siap untuk bekerja sama dengan Jerman. Kerja sama tersebut dapat dilaksanakan di Jerman atau di Indonesia.