Debat Perdana Pilkada Jakarta Malam ini Diawasi oleh 1.634 Personel Polisi

by -20 Views

Minggu, 6 Oktober 2024 – 15:49 WIB

Jakarta, VIVA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan 1.634 personel gabungan untuk mengamankan debat perdana Pilkada Jakarta yang akan digelar malam ini, Minggu 6 Oktober 2024.

Adapun personel gabungan itu berasal dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI Jakarta, dan instansi terkait yang akan mengamankan debat perdana Pilkada Jakarta di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, mulai pukul 19.00 WIB.

“Dalam rangka pengamanan debat pertama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 ini, kami melibatkan sejumlah 1.634 personel gabungan yang akan ditempatkan di Jakarta International Expo (JIExpo),” kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro, Minggu 6 Oktober 2024 dikutip Antara.

Susatyo menambahkan, personel yang terlibat pengamanan ditempatkan di ring 1 yakni pada area debat, ring 2 sekitar lobi dan pintu masuk JIExpo, kemudian ring 3 pada sektor terluar pintu-pintu masuk ke kawasan JIExpo hingga di kantong-kantong parkir.

Pada debat perdana malam ini, penjaga paling banyak nantinya difokuskan di pintu masuk dan area pendukung pasangan calon sebanyak 231 personel, kemudian di sekitar lobi untuk menjaga massa paslon sebanyak 494 personel serta pintu masuk VIP paslon 208 personel.

Sedangkan terkait pengalihan arus lalu lintas sekitar area JIExpo Kemayoran, Susatyo menyebut hal itu bersifat situasional.

“Bila nanti di sekitar JIEXpo Kemayoran ini ada massa tim sukses (timses), pendukung paslon cukup banyak dan eskalasi meningkat, maka akan kami lakukan rekayasa lalu lintas,” ucap Susatyo.

Sebagai informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat perdana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat hari ini, Minggu 6 Oktober 2024 mulai pukul 19.00 WIB.

Untuk teknisnya, anggota KPU Jakarta, Astri Megatari menjelaskan debat berlangsung dalam 6 segmen dengan total durasi 150 menit, dimana segmen pertama dimulai dari penyampaian visi dan misi dari tiap calon gubernur (cagub) dan calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta.

“Segmen pertama ini adalah segmen pemaparan visi-misi. Lalu segmen kedua dan segmen ketiga, ini para pasangan calon akan menjawab pertanyaan dari panelis. Kemudian di segmen 4 dan 5 adalah tanya jawab antar paslon, lalu segmen enamnya adalah closing statement. Jadi kira-kira seperti itu pembagian segmennya,” beber Astri dikutip VIVA.co.id.

Sedangkan tema debat perdana Pilkada Jakarta 2024 adalah penguatan sumber daya manusia (SDM) dan transformasi Jakarta menjadi kota global.

Halaman Selanjutnya
Sebagai informasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menggelar debat perdana pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada DKI Jakarta 2024 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta Pusat hari ini, Minggu 6 Oktober 2024 mulai pukul 19.00 WIB.