Kedatangan Wakil Presiden Vietnam dan China untuk Menghadiri Pelantikan Prabowo-Gibran di Indonesia.

by -76 Views

Sabtu, 19 Oktober 2024 – 19:17 WIB

Jakarta, VIVA – Beberapa perwakilan negara sahabat telah tiba di Indonesia. Kehadiran mereka tersebut dalam rangka pelantikan Presiden-Wakil Presiden terpilih RI periode 2024-2029, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Seperti yang dikutip dari channel YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu, 19 Oktober 2024, setidaknya puluhan pemimpin negara sahabat sudah tiba di Indonesia.

Di antaranya adalah Wakil Perdana Menteri (PM) Qatar, Khalid bin Mohamed Al-Attiyah, yang telah mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dan disambut langsung oleh Menteri Investasi Indonesia, Rosan Roeslani.

Ada juga Wakil Presiden Vietnam, Vo Thi Anh Xuan, yang disambut oleh Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Selain itu, Perdana Menteri Vanuatu, Charlot Salwai Tabimasmas, turut disambut oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

Selanjutnya, PM Serbia, Milos Vucevic, disambut oleh Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dan PM Kamboja, Hun Manet, disambut oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Sebelumnya, para perwakilan negara sahabat yang sudah hadir di Indonesia antara lain Wakil Pertama PM Rusia, Denis Manturov; Wakil Presiden (Wapres) Laos, Pany Yathotou; dan Sultan Brunei, Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu’izzadin Waddaulah. Selain itu, PM Timor Leste, Kay Rala Xanana Gusmao, dan Wapres Republik Rakyat China, Han Zheng, juga telah tiba.

Ketua MPR juga memastikan kehadiran SBY, JK, dan keluarga Gus Dur dalam pelantikan Prabowo-Gibran. Salah satu tokoh yang dikonfirmasi hadir adalah Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, serta mantan Wapres Jusuf Kalla dan Try Sutrisno.