Pemahaman Sejarah RI-Jepang Dipromosikan oleh Bonnie Triyana, Pemenang Reiwa Award

by -279 Views

Rabu, 8 November 2023 – 01:26 WIB

Jakarta – Sejarawan Bonnie Triyana dinilai memiliki kontribusi dalam membantu mempromosikan pemahaman sejarah bangsa Indonesia dengan Jepang. Bonnie pun menerima penghargaan dari Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi.

Kenji Kanasugi memberikan Penghargaan Menlu Jepang 2023 (Reiwa 5) kepada Bonnie yang juga pendiri salah satu media berbasis sejarah. Penyerahan penghargaan itu berlangsung di kediaman Dubes Kenji, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa, 7 November 2023.

Kanasugi menjelaskan alasan Bonnie menerima penghargaan karena memiliki peran dalam mempromosikan pemahaman tentang sejarah interaksi antara bangsa Jepang dan Indonesia. Salah satunya adalah pemahaman saat masa awal kedatangan bangsa Jepang sebelum Perang Dunia II.

Menurut dia, karya “Sakura di Khatulistiwa” mampu memberikan pengetahuan sejarah kepada masyarakat Indonesia. Dengan demikian, mereka dapat memahami hubungan sejarah antara kedua negara.

Penyerahan penghargaan itu juga dihadiri langsung oleh Anggota Komisi X DPR RI Rano Karno. Politikus PDIP itu mengapresiasi penghargaan yang diberikan setiap tahunnya oleh Pemerintah Jepang kepada Warga Negara Indonesia (WNI).

Menurut Rano, penghargaan tersebut sangat baik untuk hubungan diplomatik antara Indonesia dan Jepang sehingga keduanya dapat saling bertukar pengetahuan dan kebudayaan, yang positif bagi kemajuan bangsa.

Bonnie juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Jepang yang memberikan apresiasi atas kerja-kerja dalam memproduksi pengetahuan sejarah untuk publik di Tanah Air. Dia mengaku bangga atas penghargaan dari Jepang dan berharap hubungan antara Indonesia dan Jepang akan semakin erat di masa kini dan masa depan.