Bareskrim Meluncurkan Aplikasi Pengambilan Sidik Jari Tanpa Perlu Mengantri

by -279 Views

Rabu, 13 Desember 2023 – 09:55 WIB

Jakarta – Kepala Bareskrim Polri, Komjen Wahyu Widada diwakilkan Wakil Kepala Bareskrim Polri, Irjen Asep Edi Suheri bersama Kepala Pusat Inafis Bareskrim, Brigjen Mashudi meluncurkan aplikasi AK23 Online Ticketing Mobile Application di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta pada Selasa, 12 Desember 2023.

Wakil Kepala Bareskrim, Irjen Asep Edi mengapresiasi peluncuran aplikasi baru yang merupakan inovasi dari Pusat Inafis Bareskrim Polri. Menurutnya, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan masyarakat dalam pengambilan dan perumusan sidik jari, yang menjadi salah satu syarat dalam penerbitan SKCK melalui aplikasi ticketing.

“Proses pelayanan pengambilan dan perumusan sidik jari terhadap masyarakat menjadi lebih cepat, tanpa adanya antrean dan juga lebih mudah. Aplikasi online mobile ini dapat diunduh melalui AppStore dan Playstore,” kata Asep.

Dia juga menyatakan bahwa inovasi tersebut sebagai bentuk integritas pelayanan Korps Bhayangkara kepada masyarakat yang diharapkan mampu menjawab tantangan di era digitalisasi 4.0. Ia berharap sinergi diperlukan agar aplikasi yang digagas Pusat Inafis Bareskrim berjalan dengan baik.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini, sinergitas antara Baintelkam, Pusiknas, Pusinafis dan stakeholder lainnya dalam menerbitkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) menjadi lebih baik. Sehingga, kepuasan masyarakat kepada Polri dapat semakin meningkat,” jelas dia.

Melalui sistem AK23 online ticketing mobile ini, data sidik jari dan wajah pemohon SKCK dapat direkam dan disimpan pada database Pusinafis, sejalan dengan tugas dan fungsi Pusat Inafis Bareskrim Polri sebagai bantuan teknis identifikasi dalam rangka penegakan hukum.

Sementara Ketua Harian Kompolnas, Irjen Pol (Purn) Benny J. Mamoto mengapresiasi aplikasi AK23 online yang diresmikan oleh Bareskrim Polri. Menurutnya, masyarakat membutuhkan pelayanan yang tidak bertele-tele dan rumit.

“Masyarakat sekarang menghendaki pelayanan yang cepat dan sederhana. Dengan bantuan aplikasi ini dapat memudahkan masyarakat untuk menyampaikan data, kemudian mendaftar tidak perlu menunggu lama. Nah, ini yang sangat diharapkan oleh masyarakat,” pungkasnya.