IKN: Simbol Identitas Nasional dan Pendorong Ekonomi Bangsa

by -124 Views

Rabu, 27 Desember 2023 – 14:46 WIB

Jakarta – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa Polri bertekad mendukung program pembangunan proyek Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Menurutnya, IKN Nusantara merupakan upaya pembangunan yang bukan hanya berfokus di Jawa.

“Tentunya, Polri berkomitmen untuk mendukung program mengamankan pembangunan IKN di Kalimantan Timur. Karena kita harapkan ini juga akan mengubah paradigma Jawa sentris menjadi Indonesia sentris,” kata Sigit saat Rilis Akhir Tahun 2023 di Mabes Polri pada Rabu, 27 Desember 2023.

Bahkan, Sigit juga membeberkan beberapa langkah yang telah dilakukan Polri dalam mendukung pembangunan proyek IKN tersebut. Antara lain adalah Sabang patroli, penanaman mangrove, menggelar bakti kesehatan, hingga menggelar operasi terpusat Nusantara Mahakam 2023.

Menurut dia, Polri juga akan mendukung rencana pemerintah untuk melaksanakan Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang. IKN, kata dia, sebagai simbol identitas bangsa.

“Kita harapkan ini semuanya bisa berjalan sehingga rencana pemerintah untuk melaksanakan Upacara HUT Kemerdekaan di IKN dapat berjalan. Ini juga menjadi simbol identitas bangsa sekaligus penggerak ekonomi nasional di masa depan,” jelas dia.