Mengabdi Lebih Dari 10 Tahun, Akan Kembali ke Satuan Setelah Ini

by -36 Views

Senin, 12 Agustus 2024 – 23:00 WIB

Jakarta, VIVA – Kejaksaan Agung menarik kembali 10 jaksa senior yang sebelumnya ditugaskan di Komisi Pemberantasan Korupsi. Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika memberikan penjelasan. Tessa mengatakan bahwa anggota yang berlatar belakang jaksa maupun kepolisian yang sudah bertugas di KPK selama 10 tahun lebih, akan kembali ke unit asal mereka.

“Bahwa pegawai kejaksaan maupun kepolisian yang sudah berdinas 10 tahun atau lebih, mereka akan off duty kembali ke satuan asal untuk menjalankan penugasan lanjut, apakah itu bentuknya promosi dalam hal ini kalau di kejaksaan mungkin menjadi kajari atau apa ya,” ujar Tessa Mahardhika kepada wartawan, Senin 12 Agustus 2024.

Tessa menyebutkan bahwa saat ini 10 jaksa senior masih bertugas di KPK. Kejaksaan Agung menarik 10 jaksa tersebut untuk proses penyegaran.

“Pada prinsipnya nama-nama tersebut sampai saat ini masih bekerja di KPK. Jadi kemarin dari KPK hadir ke Kejaksaan untuk melakukan koordinasi terkait surat yang dikirimkan oleh Kejaksaan kepada KPK,” kata Tessa.

Jubir berlatar belakang Polri itu mengatakan bahwa KPK saat ini menganut sistem perekrutan ASN. Maka itu, mereka tidak bingung soal sosok pengganti jaksa senior yang ditarik kembali ke instansi asalnya.

Kejaksaan Agung RI telah menarik kembali 10 jaksa senior di KPK. Sekjen KPK Cahya H. Harefa dan Karo SDM KPK Zuraida Retno Pamungkas bersama 10 jaksa senior yang dipulangkan sempat bertemu dengan Biro Kepegawaian Kejaksaan Agung.

Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Harli Siregar membenarkan terkait pertemuan itu. Pertemuan tersebut dilakukan pada Jumat, 9 Agustus 2024.

“Pertemuan dilakukan karena 10 orang jaksa yang dipulangkan dari KPK itu diantar oleh Sekjen KPK dan Kepala Biro SDM KPK, jadi mereka dihadapkan ke kita,” ujar Harli Siregar kepada wartawan pada Senin, 12 Agustus 2024.

Harli menjelaskan bahwa pemulangan 10 jaksa senior KPK tersebut dilakukan untuk penyegaran. Sebab, 10 jaksa KPK ini sudah bertugas selama kurang lebih 12 tahun.

“Iya, mereka dari KPK dating ke kita melalui Biro Kepegawaian kita,” ungkapnya.