Menguatkan Saya Berjuang: Dapat Gelar Adat Suttan Mangku Keresidenan, Pj Gubernur Agus.

by -161 Views

Senin, 6 November 2023 – 23:06 WIB

Martapura – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mendapatkan gelar adat ‘Suttan Mangku Keresidenan’. Gelar adat tersebut diberikan oleh Lembaga Pembina Adat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Baca Juga :

Pemilu 2024 Makin Dekat, Pj Gubernur Agus Fatoni Minta Warga Sumsel Jaga Kondusifitas

Agus Fatoni mendapatkan gelar adat tersebut saat melakukan kegiatan silahturahmi dengan Bupati dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Balai Rakyat Martapura Pemkab OKU Timur, Sumatera Selatan.

Pemberian gelar adat terhadap Agus dimulai dengan pembacaan pisaan dan warahan. Kemudian, gelar tersebut dibacakan dengan iringan pemukulan gong.

Baca Juga :

Demi Menjaga Kelestarian Hutan, Pertamina Kembangkan Konservasi Desa Kokolomboi

Selanjutnya, beberapa pemangku adat sempat menjelaskan makna dari gelar yang diberikan kepada Pj Gubernur Agus.

“Suttan Mangku Keresidenan adalah gelar penghormatan dari masyarakat adat Komering karena yang bersangkutan dianggap mampu memimpin dan menjabat di Provinsi Sumsel, menjadi panutan dan tempat mencurahkan keluh kesah dan cita-cita,” ujar pemangku adat yang mewakili dalam keterangan resmi yang dikutip pada Senin, 6 November 2023.

Baca Juga :

Istri tengah Mengandung, Suami Nekat Cabuli Anak Kandung Sendiri

Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni dapat gelar adat ‘Suttan Mangku Keresidenan’

Pemangku adat dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa gelar tersebut diberikan berdasarkan hasil musyawarah Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur pada tanggal 2 November 2023.

Selain itu, proses pemberian gelar tersebut dinobatkan oleh Keluarga Besar Leo Budi Rachmadi Bin Syahrin Nasir Adok/Gelaran Batin Temunggung dari Desa Pulau Negara, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, OKU Timur, Sumatera Selatan.

Menanggapi hal ini, Fatoni menyampaikan terima kasih atas pemberian gelar tersebut. Dia merasa bangga dan memohon doa kepada masyarakat agar dapat menjalankan amanah yang telah diberikan oleh Lembaga Pembina Adat dan masyarakat Kabupaten OKU Timur.

“Terima kasih, saya bangga dan saya mohon doa agar dapat menjalankan amanah ini. Penghormatan ini menguatkan saya untuk berjuang bagi Kabupaten OKU Timur dan Provinsi Sumsel,” kata Fatoni,

Selain Fatoni, Pj. Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel Tyas A. Fatoni juga mendapatkan gelar adat. Namun, gelar adat yang diberikan kepada Tyas adalah ‘Ratu Tutukan Warga’.

Gelar adat tersebut memiliki makna sebagai perempuan panutan masyarakat yang mencerminkan keceriaan seorang ibu yang memiliki sikap yang baik.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, proses pemberian gelar tersebut dinobatkan oleh Keluarga Besar Leo Budi Rachmadi Bin Syahrin Nasir Adok/Gelaran Batin Temunggung dari Desa Pulau Negara, Kecamatan Buay Pemuka Peliung, OKU Timur, Sumatera Selatan.