LSM Bitung Bukan Pendukung Pro Israel

by -119 Views

Senin, 27 November 2023 – 00:57 WIB

Sulut – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara memberikan klarifikasi tentang bentrok yang terjadi antara dua massa yang masing-masing mendukung Palestina dan Israel di Kota Bitung, Sulut.

Kapolda Sulut Irjen Pol Setyo Budiyanto menegaskan bahwa informasi yang menyebutkan adanya bentrok antara pendukung pro Palestina dan pro Israel sebenarnya tidak benar. Menurut Irjen Setyo, salah satu organisasi massa yang terlibat bukan berasal dari kalangan pendukung pro Israel, melainkan hanya LSM Bitung.

Setyo menjelaskan bahwa adanya kesalahpahaman di antara kedua massa tersebut diduga menjadi pemicu bentrok. Namun, penyebab sebenarnya masih dalam penyelidikan kepolisian.

Kondisi saat ini telah kondusif setelah aparat gabungan TNI-Polri turun tangan. Aparat berhasil meredam bentrokan dan massa telah kembali ke rumah masing-masing. Meski begitu, keamanan tetap dijaga demi menjaga situasi agar tetap kondusif.

Sebelumnya, terjadi bentrok antara organisasi massa di Kota Bitung yang viral di media sosial. Informasi yang beredar menyebutkan bahwa kelompok massa pro Israel dan Palestina bertemu dan terlibat bentrok di jalan Kota Bitung pada Sabtu, 25 November 2023.