Habib Rizieq Menyerukan Pemerintah untuk Mengambil Sikap Tegas dalam Membubarkan Ormas yang Mendukung Israel

by -95 Views

Mengutip dari Viva.co.id, Sabtu, 2 Desember 2023 – 10:46 WIB, Tokoh agama Islam, Habib Rizieq Shihab (HRS), meminta pemerintah untuk menindak tegas soal kerusuhan yang melibatkan dua ormas di Bitung, Sulawesi Utara, beberapa waktu lalu.

Dalam pidato sambutan yang dibacakan oleh menantunya, yaitu Habib Muhammad Bin Hussein Alatas, Habib Rizieq meminta agar Presiden Jokowi dan TNI-Polri menangkap pihak-pihak yang menimbulkan kegaduhan, dengan mendukung Israel.

Menurut Habib Rizieq, pemerintah harus menindak tegas siapapun yang secara vulgar membela zionis Israel, serta mengibarkan bendera Israel di Indonesia. Ia juga meminta pemerintah untuk menutup museum holocaust Israel, dan merubuhkan menorah zionis Israel agar tidak menimbulkan kegaduhan stabilitas keamanan nasional.

HRS juga meminta jajaran pemerintah untuk menindak tegas siapapun yang berani mengibarkan bendera Israel, membangun holocaust Israel, atau menyerang umat yang sedang melakukan aksi bela Palestina.

Selain itu, Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas juga angkat bicara terkait peristiwa bentrokan di Bitung, Sulawesi Utara. Yaqut mengimbau masyarakat agar agama tidak dijadikan sumber perpecahan.

Bentrok antara dua kelompok tersebut diduga terjadi akibat provokasi terkait dukungan terhadap Palestina dan Israel. Yaqut berharap agar agama tidak dijadikan sebagai sumber perpecahan.