Pertarungan Habib Bahar melawan Panglima Manguni hingga Tom Lembong melawan Luhut dan Bahlil

by -111 Views

RoundUp – Ada tiga artikel terpopuler dari kanal News VIVA.co.id yang menarik pembaca sepanjang Kamis (25/1/2026) kemarin. Dari ketiga artikel itu terkait tantangan Habib Bahar kepada Panglima Manguni, Luhut dan Bahlil menyindir Tom Lembong.

Tepatnya, artikel itu berjudul; Habib Bahar tantang Panglima Manguni, Luhut Semprot Tom Lembong soal Harga Nikel Bakal Anjlok: Intelektual Anda Saya Ragukan, dan Luhut-Bahlil Kompak Serang Balik Tom Lembong Usai Prediksi Nikel Bakal Anjlok. Berikut ketiga artikel yang menjadi perhatian pembaca VIVA.co.id:

1. Habib Bahar Tiba di Markas Panglima Manguni: Ana Potong-potong Kepala Andy Rompas!
Perseteruan yang terjadi antara Habib Bahar bin Smith dengan Andy Rompas selaku panglima ormas adat Manguni Makasiouw semakin memanas. Konflik yang berawal sejak bentrokan di Bitung tersebut tampaknya masih belum menemui titik temu untuk keduanya berdamai. Menurut kabar terkini, Habib Bahar yang merupakan pimpinan dari Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin itu mengklaim bahwa dirinya sudah mengunjungi markas Panglima Manguni tanpa pengawalan. Dalam video itu, Habib Bahar tampak marah dan mengejek Andy Rompas.

2. Luhut Semprot Tom Lembong soal Harga Nikel Bakal Anjlok: Intelektual Anda Saya Ragukan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyoroti pernyataan eks Menteri Perdagangan yang kini menjadi Co-Captain Timnas Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Thomas Lembong atau Tom Lembong soal harga nikel. Tom Lembong sebelumnya mengatakan harga nikel anjlok gara-gara program hilirisasi yang dijalankan pemerintah Indonesia secara ugal-ugalan.

3. Luhut-Bahlil Kompak Serang Balik Tom Lembong Usai Prediksi Nikel Bakal Anjlok
Co Captain Timnas Anies-Muhaimin (Amin), Thomas Lembong atau Tom Lembong menuai sorotan sepekan ini — terutama pasca debat calon wakil presiden (cawapres) kedua yang digelar Minggu, 21 Januari 2024. Tom Lembong beberapa kali disebut cawapres 02 Gibran Rakabuming Raka saat melontarkan pertanyaan kepada cawapres 01 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin soal Lithium Ferro Phosphate (LFP). Gibran menuding Cak Imin tidak paham soal LFP. Padahal menurut Gibran, co captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Cak Imin, Thomas Lembong kerap kali bicara mengenai LFP yang menjadi subsitusi bahan baku Baterai kendaraan listrik pengganti Nikel. Gibran sampai mempertanyakan Cak Imin dan Tom Lembong apakah termasuk yang anti-nikel, padahal itu merupakan tambang dalam negeri. Dan mempromosikan LFP Tiongkok.