Keuskupan Agung Jakarta Mengumumkan Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia pada September 2024

by -124 Views

Jumat, 29 Maret 2024 – 19:12 WIB

Jakarta – Sekretaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta, Romo V. Adi Prasojo mengatakan pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus bakal mengunjungi Indonesia sekitar bulan September mendatang.

“Berkaitan dengan kunjungan kenegaraan, kita akan mengikuti arahan dari pemerintah. Kemungkinan kunjungan akan dilakukan pada bulan September. Kita berdoa semoga kunjungan tersebut dapat terlaksana,” kata Romo Adi kepada wartawan di Gereja Katedral, Jakarta, Jumat 29 Maret 2024.

Meskipun demikian, Romo Adi belum dapat memberikan detail terkait tanggal pasti kunjungan Paus Fransiskus. Ia menyatakan bahwa pemerintah yang akan secara resmi mengumumkan tanggal tersebut karena kunjungan Paus Fransiskus juga merupakan kunjungan kenegaraan.

“Iya, tanggal kunjungan pada bulan September masih belum bisa kami informasikan. Kita masih menunggu pengumuman dari Presiden dan pihak pemerintah,” kata dia.

Di sisi lain, Romo Adi menilai kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia merupakan kunjungan ketiga beliau di Indonesia. Ia menambahkan bahwa kunjungan tersebut juga merupakan kunjungan bersejarah.

“Ini merupakan kunjungan ketiga Paus ke Indonesia setelah kemerdekaan. Beliau adalah pemimpin umat Katolik tertinggi di dunia dan kepala negara Vatikan,” kata dia.

Romo Adi juga mengungkapkan bahwa rencana kunjungan sudah disepakati sejak tahun 2020. Namun, karena adanya pandemi COVID-19 pada tahun tersebut, kunjungan baru dapat dilakukan pada tahun ini.

“Rencana kunjungan sebenarnya telah disepakati sejak Oktober 2020. Namun, karena adanya pandemi yang dimulai pada Maret, maka kunjungan itu tertunda bukan batal,” tuturnya.