Langkah-langkah Pemerintah untuk Memperlancar Arus Mudik Lebaran pada Jalur Penyebrangan

by -98 Views

Selasa, 2 April 2024 – 04:32 WIB

Merak – Pemerintah melalui Polri dan instansi lainnya telah siap menyambut pemudik Idul Fitri 2024. Keamanan dan kenyamanan pemudik di seluruh Indonesia akan dijamin oleh pemerintah, terutama menuju Sumatera dan Jawa.

Menko Polhukam Hadi Tjahjanto menyatakan, “Di seluruh jalur, baik itu jalur bebas hambatan, jalur jalan nasional, kemudian dermaga, semua sudah dipersiapkan, baik pos keamanan, pelayanan maupun pos terpadu. Semua sudah disiapkan dan sudah dilaksanakan.”

Jika cuaca buruk menyulitkan kapal untuk sandar atau pelabuhan ditutup dan terjadi kemacetan panjang hingga keluar pelabuhan, pemerintah bersama Polri telah menyiapkan rekayasa lalu lintas. Saat puncak arus mudik, jika terjadi kepadatan di Pelabuhan Merak maupun Ciwandan, Polri telah menyiapkan segala sesuatunya, seperti tempat parkir untuk menampung kendaraan pemudik.

Pemerintah juga meminta PT ASDP Indonesia Ferry untuk menyiapkan dan memperhatikan pelayanan bagi pemudik di seluruh pelabuhan miliknya, terutama di lintasan Merak-Bakauheni. Masyarakat diimbau untuk membeli tiket sebelum keberangkatan, sehingga tidak terjadi masalah saat di pelabuhan.

Jika merasa lelah atau mengantuk, lebih baik beristirahat dan tidak melanjutkan perjalanan, demi keamanan dan kenyamanan bersama. “Kalau memang capek, segera istirahat di rest area untuk keselamatan kita semua. Di lapangan ada TNI, Polri, ormas, dan Pramuka,” ujar Hadi Tjahjanto.