Asrama Haji Siap Melayani Jemaah pada Fase Pemulangan

by -138 Views

Operasional pemulangan jemaah haji ke Tanah Air dimulai hari ini. Jemaah haji Kelompok Terbang (kloter) SUB 01 memulai fase pemulangan dan diterbangkan dari Bandara Raja Abdul Azis, Jeddah. Kloter SUB 01 lepas landas menuju Indonesia pada pukul 03.15 Waktu Arab Saudi.

Anggota Media Center Kementerian Agama, Widi Dwinanda menyampaikan bahwa selain jemaah haji kloter 01 dari Embarkasi Surabaya, jemaah haji kloter 2 dari Embarkasi Solo (SOC-02) dengan 360 jemaah serta lima petugas hari ini kembali ke Tanah Air.

“Jemaah haji asal Temanggung dan Magelang ini diterbangkan dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah,” terang Widi dalam keterangan resmi Kemenag di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu 22 Juni 2024.

Ia menjelaskan bahwa 14 asrama haji di Tanah Air telah menyiapkan layanan kedatangan para tamu Allah sejalan dengan kepulangan jemaah dari Tanah Suci. Widi juga menyebutkan bahwa asrama haji menyediakan berbagai layanan, antara lain akomodasi, snack selamat datang, bus, truk, ambulans, minibus, dan layanan kesehatan.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) mengingatkan jemaah agar mematuhi ketentuan GAC Airport Authority KSA terkait barang bawaan yang dilarang dalam penerbangan. Selain itu, jemaah dihimbau untuk menjaga kesehatan tubuhnya, mengonsumsi obat sesuai anjuran dokter, dan menjaga dokumen penting.

Berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) pada pukul 09.08 WIB, jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal mencapai 215 orang.