Jokowi Kembali ke Kampung Halaman Setelah Mengundurkan Diri, Pemerintah Kota Solo Mulai Menyusun Rencana Penyambutan

by -82 Views

Kamis, 17 Oktober 2024 – 16:51 WIB

Solo, VIVA – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sedang bersiap-siap menyambut kepulangan Presiden RI ke-7 Joko Widodo atau Jokowi pada Minggu, 20 Oktober 2024. Jokowi dan Iriana akan kembali ke Solo setelah pelantikan Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka.

Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Solo Dhoni Widianto menyatakan bahwa penyambutan kepulangan Jokowi ke kediaman pribadinya setelah menyelesaikan tugasnya sebagai RI-1 melibatkan beberapa pemerintah daerah atau pemda. Dalam hal ini, tiga pemda, yaitu Boyolali, Karanganyar, dan Solo sedang berkoordinasi. Namun, untuk Solo, Pemkot Solo akan melakukan penyambutan.

“Penyambutan dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada beliau. Nantinya akan mengucapkan terima kasih dengan baliho dan videotron. Selain itu, akan ada prosesi sederhana di kediaman Sumber,” kata Dhoni melalui telepon pada Kamis, 17 Oktober 2024.

Namun, menurutnya, rangkaian prosesi acara penyambutan masih menunggu konfirmasi dari pihak protokol istana. Prosesi di kediaman pribadi hanya akan menjadi acara pasrah tinampi saat Jokowi tiba di rumah pribadinya di Jalan Kutai Utara No 1, Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

“Jadi, akan ada pasrah tinampi. Ada yang memasrahkan dan ada yang menerima. Mungkin akan menggunakan tradisi Jawa untuk prosesi (pasrah tinampi),” ujarnya.

Menurut Dhoni, rencananya Jokowi akan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali pada pukul 16.00 WIB. Namun, kepastiannya masih menunggu informasi dari protokol Istana Jakarta.