Peran Santri dalam Memperteguh Kedirgantaraan Bangsa

by -131 Views

Surabaya – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong semangat santri agar terus berkontribusi dan berperan dalam pembangunan bangsa dan negara.

Hal ini ia ungkapkan saat menghadiri Apel Akbar Hari Santri Nasional di Tugu Pahlawan, Surabaya, pada Minggu 22 Oktober 2023. “Oleh karena itu, saatnya sekarang santri harus semakin mandiri, harus terus berperan (bahkan) jauh lebih besar lagi dari sebelumnya,” ujar Zulkifli yang juga Ketum PAN.

Dia menyatakan bahwa peran santri dalam pembangunan bangsa telah berlangsung sejak zaman dahulu. Oleh karena itu, saatnya bagi para santri untuk melanjutkan pembangunan yang telah dilakukan oleh para pendahulu.

“Republik Indonesia dipertahankan dan diperjuangkan oleh para ulama dan santri,” tutupnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Jokowi. Dia mengatakan bahwa peran santri telah ada sejak zaman dahulu, terutama sejak era Kemerdekaan.

“Karena santri adalah pilar kekuatan bangsa, santri adalah pondasi kekokohan bangsa dan ini sudah terbukti sejak zaman Kemerdekaan,” kata Jokowi.

Dalam acara ini, hadir Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, dan beberapa tokoh lainnya.