Jenderal Agus Subiyanto Usulkan oleh Jokowi sebagai Calon Tunggal Panglima TNI

by -117 Views

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan surat kepada DPR RI terkait usulan nama calon Panglima TNI yang akan menggantikan Laksamana Yudo Margono yang memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2023.

Dalam suratnya, Presiden Jokowi menunjuk Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Agus Subiyanto sebagai calon tunggal pengganti Laksamana Yudo. Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono, telah mengkonfirmasi kabar ini.

Menurut Dave, Jenderal Agus adalah pilihan yang paling tepat untuk mengisi jabatan Panglima TNI. Dave meyakini bahwa Jenderal Agus dapat melanjutkan reformasi di internal TNI dan menjaga keutuhan negara. Meskipun baru beberapa hari yang lalu dilantik menjadi KSAD TNI, pengalaman dan sikap Jenderal Agus menunjukkan bahwa dia adalah sosok yang terbaik untuk menjabat sebagai panglima berikutnya.

Sebelumnya, Kementerian Sekretariat Negara telah menyampaikan surat presiden tentang usulan calon tunggal Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono kepada DPR RI. Ketua DPR RI, Puan Maharani, akan menyampaikan keterangan lebih lanjut.

Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid, juga membenarkan bahwa surat presiden tentang usulan calon Panglima TNI pengganti Laksamana Yudo Margono telah diterima oleh Komisi I. Meski nama calon pengganti tersebut belum diumumkan secara resmi, informasi yang beredar menyebutkan bahwa Jenderal Agus Subiyanto adalah calon yang diusulkan oleh Presiden Jokowi.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan pensiun pada November 2023 saat dia berusia 58 tahun. Undang-undang mengatur bahwa perwira TNI pensiun pada usia 58 tahun, sementara bintara dan tamtama pada usia 53 tahun.

Jenderal Agus Subiyanto baru saja dilantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada tanggal 25 Oktober 2023.