Pinjam Dulu Seratus untuk Mendorong Terus Pembangunan Maju

by -125 Views

Presiden Joko Widodo berpantun saat bertemu dengan 100 CEO di kawasan IKN Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis, 2 November 2023. Beliau mengikuti tren “pinjam dulu seratus” yang sedang viral di media sosial.

Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa setiap kali datang ke IKN, beliau selalu disuguhi pantun. Namun, beliau belum pernah berpantun saat datang ke IKN sebelumnya. Maka dari itu, pada kesempatan yang baik ini, beliau ingin berpantun terlebih dahulu. Beliau bertanya kepada para tamu undangan apakah beliau boleh berpantun, yang kemudian disambut dengan tepuk tangan.

Presiden Jokowi kemudian melontarkan pantunnya bagi para tamu undangan. Beliau mengatakan, “Ikan lohan, ikan gabus” (dijawab dengan ‘cakep’). “Direndam dulu baru direbus” (serentak dijawab dengan ‘cakep’). “Supaya pembangunan maju terus, pinjam dulu seratus.” Setelah itu, para tamu pun tertawa.

Setelah berpantun, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan seratus adalah 100 CEO yang hadir dalam acara tersebut. Beliau menjelaskan bahwa yang beliau maksud adalah 100 CEO Kompas yang hadir pada hari itu, bukan uang. Beliau menekankan bahwa duit perlu untuk membangun negara ini.