Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan 2023: Berikut Daftar Daerah Penerima Penghargaan

by -179 Views

Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri menggelar Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) tahun 2023 di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, selama tiga hari mulai 10 November 2023 dan berakhir pada 12 November 2023. Acara ini dibuka oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir Balaw yang mewakili Mendagri Tito Karnavian.

Tomsi menyatakan bahwa Pindeskel merupakan ajang untuk mempublikasikan keberhasilan dan inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah dan desa maupun kelurahan terkait penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan. Acara ini juga merupakan wadah konsolidasi dan berbagi informasi untuk penguatan tata kelola pemerintahan desa dan kelurahan serta inovasi di wilayah masing-masing.

Selain memamerkan hasil inovasi desa dan kelurahan dengan penilaian dari beberapa dewan juri, Kemendagri juga memberikan penghargaan kepada provinsi dan kabupaten/kota yang dinilai terus melakukan pembinaan kepada desa dan kelurahan selain mendorong kemajuan di wilayahnya. Penerima penghargaan antara lain DKI Jakarta, Banten, DI Yogyakarta, Bali, Sumatera Barat, dan banyak lainnya.

Penghargaan tersebut diberikan kepada Kabupaten Tabanan, Kota Denpasar, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Subang, Kabupaten Gresik, dan lain-lain. Penghargaan juga diberikan kepada provinsi dengan prosentase updating tertinggi seperti DKI Jakarta, Bali, Jawa Barat, Banten, Kalimantan Barat, dan Kabupaten/Kota yang memiliki desa dengan prosentase klasifikasi swasembada tertinggi.

Pada halaman selanjutnya, hasil penilaian provinsi dan kabupaten/kota yang dinilai memiliki pengisian tertinggi dan prosentase kategori cepat berkembang tertinggi pun disebutkan kembali.