Kunjungan Wisatawan ke Kawah Ijen Ditangguhkan Sementara

by -106 Views

Banyuwangi – Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen akan ditutup sementara mulai 3 Januari 2024. Penutupan ini dilakukan untuk melakukan evaluasi tahunan sesuai dengan Surat Edaran Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur (Jatim).

“Benar bahwa TWA Kawah Ijen akan ditutup sementara untuk evaluasi, dan kita sudah menerima surat edaran dari BBKSDA,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi Muhammad Yanuarto Bramuda di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, 2 Januari 2024.

Bramuda juga mengatakan bahwa saat ini belum ditentukan kapan Taman Wisata Alam Kawah Ijen akan dibuka kembali untuk pengunjung. Keputusan tersebut masih menunggu hasil evaluasi dan rapat koordinasi BBKSDA yang akan dilaksanakan di Surabaya pada Rabu, 3 Januari 2024.

Kepala Bidang KSDA Wilayah III Purwantono menjelaskan bahwa penutupan TWA Kawah Ijen dilakukan untuk mengevaluasi kunjungan wisata alam selama tahun 2023 dan mempersiapkan kegiatan kunjungan tahun 2024. “Sesuai dengan surat edaran, untuk sementara waktu, kami belum menentukan kapan akan dibuka kembali. Kita akan melihat perkembangan selanjutnya,” ujarnya. (Antara)